Analisis Perilaku Mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) Prodi Manajemen dalam Memilih E-commerce: Tokopedia
Keywords:
Perilaku Konsumen, E-Commerce, Mahasiswa, Tokopedia, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku mahasiswa Universitas Pamulang (UNPAM) Prodi Manajemen dalam memilih e-commerce, dengan fokus pada platform Tokopedia. E-commerce telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di kalangan mahasiswa yang cenderung lebih sering berbelanja online. Studi ini menganalisis faktor-faktor seperti harga, kualitas produk, promosi, dan kemudahan penggunaan yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih Tokopedia sebagai platform berbelanja. Survei dilakukan terhadap 100 mahasiswa Prodi Manajemen UNPAM yang secara aktif menggunakan Tokopedia dalam 6 bulan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor harga dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan memilih Tokopedia, diikuti oleh kualitas produk dan kemudahan penggunaan.
References
Chaffey, D. (2020). E-Business and E-Commerce Management. Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2017). Marketing Management. Pearson Education.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2015). Consumer Behavior. Pearson Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.