KOORDINASI MAKNA PESAN GURU TERHADAP PESERTA DIDIK KELOMPOK B DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PAKET PERMAINAN INTERAKTIF ALIF

Authors

  • Katry Anggraini

DOI:

https://doi.org/10.32493/skr.v5i1.1098

Abstract

Abstrak

 

            Koordinasi makna pesan guru dalam pembentukan karakter peserta didik kelompok B melalui paket permainan interaktif Alif dengan studi kasus Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Mitra Cendekia Sarimulya-Tangerang Selatan, menggunakan paradigma penelitian konstruktivisme, metode penelitian studi kasus dengan jenis penelitian yang dilakukan kualitatif. Dengan menggunakan teori manajemen makna terkoordinasi dimana terjalinnya komunikasi guru kepada peserta didik melalui paket permainan interaktif Alif dan teori pembentukan karakter.

            Hasil penelitian ditemukan bahwa koordinasi makna guru TKIT Mitra Cendekia Indonesia Sarimulya-Tangerang Selatan adalah memberikan makna pesan pada moral yang berbentuk akhlak dan aqidah dengan pengenalan sang Pencipta. Kesimpulan yang diambil bahwa komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh guru TKIT Mitra Cendekia dalam menyampaikan makna pesan dalam paket permainan interaktif Alif melalui bermain, bercerita, dengan alat peraga serta aktifitas yang menyenangkan peserta didik sehingga mereka dengan mudah dapat mengerti maksud makna pesan yang disampaikan.

 

Kata Kunci : Komunikasi, Pembentukan Karakter, dan Koordinasi Pesan

Downloads

Published

2018-11-14

How to Cite

Anggraini, K. (2018). KOORDINASI MAKNA PESAN GURU TERHADAP PESERTA DIDIK KELOMPOK B DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PAKET PERMAINAN INTERAKTIF ALIF. Jurnal Sekretari Universitas Pamulang, 5(1), 19. https://doi.org/10.32493/skr.v5i1.1098

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.