PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KOMPETENSI DOSEN DALAM MENINGKATKAN KINERJA DOSEN DI PROGRAM STUDI SEKRETARI D-III UNIVERSITAS PAMULANG
DOI:
https://doi.org/10.32493/skr.v10i1.28423Abstract
ABSTRAK
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja dosen salah satunya melalui pendidikan dan pelatihan kompetensi dosen, dosen sebagai sumber daya manusia merupakan aset berharga bagi Universitas Pamulang yang dapat menentukan tercapai atau tidaknya tujuan Universitas Pamulang. Universitas Pamulang tidak lagi khawatir mengenai jumlah mahasiswa karena merupakan salah satu Universitas dengan jumlah mahasiswa yang terbanyak, yang menjadi fokus Universitas Pamulang saat ini adalah kualitas sumber daya manusianya terutama dosen, kualitas dosen yang akan menentukan kualitas output yang dihasilkan yaitu mahasiswa. Pentingnya pelaksanaan pendidikan dan pelatihan dalam suatu organisasi termasuk Universitas Pamulang adalah perbaikan kinerja dosen yang meliputi pengetahuan dan keterampilan yang mendukung, serta pembentukan sikap dosen sesuai yang diinginkan oleh Universitas Pamulang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Kompetensi Dosen dalam Meningkatkan Kinerja Dosen di Program Studi Sekretari D-III Universitas Pamulang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan untuk melaksanakan metode tersebut dilakukan teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, kuesioner, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan pendekatan rasional, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan pendekatan statistik korelasi. Jurnal ilmiah yang menjadi sasaran hasil penelitian ini adalah jurnal Sekretari Universitas Pamulang dan luaran penelitian ini yaitu publikasi ilmiah Jurnal Sekretari Universitas Pamulang dan menjadi pemakalah dalam pertemuan ilmiah lokal.
Kata-kata Kunci: Pendidikan, Pelatihan, Kompetensi, Kinerja
THE INFLUENCE OF LECTURER COMPETENCE EDUCATION AND TRAINING IN IMPROVING LECTURERS PERFORMANCE IN THE STUDY PROGRAM SECRETARY D-III UNIVERSITY PAMULANG
ABSTRACT
There are many ways that can be done to improve lecturer performance, one of which is through lecturer competency education and training. Lecturers as human resources are a valuable asset for Pamulang University which can determine whether or not the goals of Pamulang University are achieved. Pamulang University is no longer worried about the number of students because it is one of the universities with the largest number of students. What is currently being focused on at Pamulang University is the quality of its human resources, especially the lecturers, the quality of the lecturers who will determine the quality of the output produced, namely students. The importance of implementing education and training in an organization including Pamulang University is improving lecturer performance which includes supporting knowledge and skills, as well as the formation of lecturer attitudes as desired by Pamulang University. The purpose of this study was to describe the Effect of Lecturer Competency Education and Training in Improving Lecturer Performance in the D-III Secretarial Study Program, Pamulang University. The research method used is descriptive and to carry out the method data collection techniques are used, namely: observation, questionnaires, interviews, documentation, and literature study. After the data was collected, it was analyzed using a rational approach, while quantitative data was analyzed using a statistical correlation approach. The scientific journal that is the target of the results of this research is the Secretary's journal of Pamulang University and the output of this research is scientific publication of the Secretary's Journal of Pamulang University and being a speaker at local scientific meetings.
Keywords: Education, Training, Competence, Performance
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
- Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada tahun jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat The Pengaruh Akses Terbuka ).
JURNAL SEKRETARI: memiliki lisensi CC-BY-SA atau yang setara sebagai lisensi optimal untuk publikasi, distribusi, penggunaan, dan penggunaan kembali karya ilmiah.
Dalam mengembangkan strategi dan menetapkan prioritas, JURNAL SEKRETARI: Jurnal Sekretaris menyadari bahwa akses bebas lebih baik daripada akses berbayar, akses gratis lebih baik daripada akses gratis, dan libre di bawah CC-BY-SA atau yang setara lebih baik daripada libre di bawah kondisi terbuka yang lebih ketat. lisensi. Kita harus mencapai apa yang kita bisa ketika kita bisa. Kita tidak boleh menunda mencapai kebebasan untuk mencapai libre, dan kita tidak boleh berhenti pada kebebasan ketika kita bisa mencapai libre.