HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK N 46 JAKARTA

Authors

  • Euis Nessia Fitri

DOI:

https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v1i1.y2016.p95-112

Keywords:

Lingkungan, Hasil belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan fakta yang valid dan reliabel tentang apakah terdapat hubungan yang positif antara lingkungan dengan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan selama lima bulan terhitung dari bulan Agustus sampai dengan Desember 2009. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan koresional. Populasi penelitian adalah siswa jurusan akuntansi kelas X, XI dan XII akuntansi, sedangkan populasi terjangkaunya siswa kelas XI akuntansi, sampel dalam penelitian ini berjumnlah 58 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu proportional random sampling technique. Persamaan model regresi linier sederhana menghasilkan bentuk regresi  = 19,22 + 0,511X. Uji persyaratan analisis, menguji normalitas galat taksiran regresi Y dan X menunjukkan bahwa Lhitung(0,62) < Ltabel (0,106) dengan menggunakanuji liliefors pada taraf signifikasi (α) = 0,05.Dalam uji hipotesis, uji keberartian dan kelinearan regresi menggunakan tabel analisis varians (ANAVA). Dari hasil uji keberartian regresi  = 19,22 + 0,511X berarti. Dari hasil uji linieritas regresi diperoleh Fhitung (0,49) < Ftabel (2,15) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linier. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,611 sedangkan hasil dari uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 5,78 dan ttabel sebesar 1,67. Dikarenakan hasil menunjukkan thitung> ttabel, maka dapat lingkungan dengan hasil belajar. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan 37,33% varians variabel Y ditentukan oleh variabel X.

Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan kuat serta signifikan anatara lingkungan sekolah dengan hasil belajar. Hal tersebut berarti semakin baik lingkungan sekolah maka semakin baik hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2016-12-19

How to Cite

Fitri, E. N. (2016). HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK N 46 JAKARTA. Keberlanjutan : Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi, 1(1), 95–112. https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v1i1.y2016.p95-112