PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL BAGI GURU MATEMATIKA SMA MUHAMMADIYAH SE-KABUPATEN KLATEN MENGGUNAKAN APLIKASI MATRIX CALCULATOR

Authors

  • Naufal Ishartono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Adi Nurcahyo
  • Wulan Rahma Galuh Perwita

Abstract

Tantangan global saat ini menuntut setiap orang agar dapat berintegrasi dengan teknologi sehingga semua masalah dapat diselesaikan dengan cara efektif dan efisien. Tak terkecuali para siswa saat ini dimana mereka tidak hanya harus menguasai teori secara komprehensif, namun juga mereka harus dapat menguasai teknologi yang dapat mendukung penerapan teori yang mereka miliki dan guru memiliki peran yang sangat besar dalam melengkapi siswa mereka dengan teknologi terkini. Oleh karena itu, kegiatan ini bertujuan untuk melatih guru-guru matematika SMA Muhammadiyah se-Kabupaten Klaten dalam menggunakan aplikasi Matrix Calculator untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika SMA yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Klaten.  Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan praktek langsung. Metode ceramah dilakukan untuk mengenalkan aplikasi matrix calculator dan posisinya di dalam proses pembelajaran. Metode diskusi digunakan untuk memperdalam terkait pemahaman guru terhadap materi yang diajarkan. Sedangkan metode praktek digunakan untuk memberikan para guru pengalaman langsung terkait penggunaan aplikasi matrix calculator. Hasil dari pelatihan ini adalah guru yang mampu menggunakan aplikasi matrix calculator dan 30 RPP berbasis aplikasi matrix calculator yang dikembangkan oleh guru.

References

Amir MZ, Z. (2013). Perspektif gender dalam pembelajaran matematika. Marwah2, 12(1), 14–31.

Andesta, W., & Fernandes, R. (2020). Efektivitas Peraturan Sekolah Tentang Larangan Siswa Membawa Smartphone di SMA Negeri 7 Padang. Jurnal Perspektif, 3(2), 279–286.

Asmurti, A., Unde, A. A., & Rahamma, T. (2017). Dampak Penggunaan Smartphone Di Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 225–234.

Haomasan, P., & Nofharina, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone Tehadap Pola Komunikasi Interpesonal Siswa Smp Negeri 50 Bandung. Jurnal Komunikasi, 12(1), 1–7.

Ishartono, N., Kristanto, Y. D., & Setyawan, F. (2018). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MATEMATIKA SMA DALAM MEMVISUALISASIKAN MATERI AJAR DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE DESMOS. The 8th University Research Colloquium 2018, 78–86. Retrieved from http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/view/332

Kotz, P. E. (2016). Reaching the Millennial Generation in the Classroom. Universal Journal of Educational Research, 4(5), 1163–1166. https://doi.org/10.13189/ujer.2016.040528

Musariffah, N. A. (2018). Hubungan Penggunaan Smartphone dengan Minat Belajar Siswwa SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).

Musdalifah, M., & Indriani, N. (2017). Pengaruh intensitas penggunaan smartphone terhadap interaksi sosial mahasiswa politeknik negeri samarinda. Prosiding Snitt Poltekba, 2(1), 143–147.

Nurcahyo, A., Ishartono, N., Faiziyah, N., Utami, N. S., Sari, C. K., & Aryuana, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Geogebra Terintegrasi Google Classroom Bagi Guru-Guru Matematika SMA/SMK Muhammadiyah Kabupaten Klaten. Proceeding of The URECOL, 50–57. Retrieved from http://repository.urecol.org/index.php/proceeding/article/download/1260/1227

Nurcahyo, A., Ishartono, N., & Waluyo, M. (2020). Pelatihan Penggunaan Software Geogebra Untuk Guru-Guru SMA Muhammadiyah Se-Sukoharjo Pada Materi Transformasi. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 66–74. Retrieved from http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/6946

Oakland, T., & Lane, H. B. (2009). Language, Reading, and Readability Formulas: Implications for Developing and Adapting Tests. International Journal of Testing, 4(3), 199–216. https://doi.org/10.1207/s15327574ijt0403

Parmin, & Peniati, E. (2012). Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar ipa berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2006

Putra, G. E. K. P., Netaniel, M., Dewi, R., & Situmorang, D. D. B. (2020). Gaya belajar siswa generasi Z. Retrieved from https://psyarxiv.com/k74db/download?format=pdf

Rumengan, Y., & Talakua, C. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Mobile Learning berbasis Smartphone terhadap Minat Belajar Siswa SMA Negeri 1 Seram Utara Barat. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 10(2), 33–40.

Sani, K., & Adiansha, A. A. (2021). Smartphone: Bagaimana Pengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar? Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Sari, D. E. (2019). Quizlet: Aplikasi Pembelajaran Berbasis Smartphone Era Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 9–15.

Sari, P. N., & Hartiningsari, D. P. (2020). LEARNING STYLE OF MILLENNIAL STUDENTS IN FULL DAY SCHOOL. Karya Ilmiah Dosen, 3(1).

Shatto, B., & Erwin, K. (2016). Moving on From Millennials : Preparing for Generation Z. The Journal of Continuing Education in Nursing, 47(6), 253–254. https://doi.org/10.3928/00220124-20160518-05

Silva, E. (2009). Measuring Skills for 21st-Century Learning. Phi Delta Kappan, 90(9), 630–634. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/003172170909000905

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika : studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232. Semarang: HIMPSI.

Skokov, A. (2015). Matrix Calculator. Retrieved June 15, 2021, from https://play.google.com/store/apps/details?id=ru.alexanderskokov.matrix&hl=en&gl=US

Sobon, K., Mangundap, J. M., & Walewangko, S. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Mapanget Kota Manado. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 3(2), 97–106.

Unda, I. (2016). Mastering technology is key to mastering globalisation. Retrieved April 11, 2020, from EUROPEANCEO website: https://www.europeanceo.com/business-and-management/mastering-technology-is-key-to-mastering-globalisation/

Zainuddin, M., & Agustang, A. (2019). KONTROL SOSIAL ORANGTUA TERHADAP PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA REMAJA (STUDI DI DESA GIRING-GIRING KECAMATAN BONTONMPO KABUPATEN GOWA. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 68–73.

Zohar, A., & Dori, Y. J. (2009). Higher Order Thinking Skills and Low-Achieving Students: Are They Mutually Exclusive? Journal of the Learning Sciences, 12(2), 145–181. https://doi.org/10.1207/S15327809JLS1202

Published

2021-08-31