PENGENALAN ETNOMATEMATIKA DALAM KAJIAN NUSANTARA

Authors

  • Tri Hidayati Universitas Pamulang
  • Wiwit Kurniawan Universitas Pamulang
  • Ines Heidiani Ikasari Universitas Pamulang
  • Ita Handayani Universitas Pamulang
  • Widyah Noviana Universitas Pamulang

Abstract

Permasalahan  yang  diangkat  pada  Yayasan  Nusantara  adalah  kurangnya  referensi  tentang  konsep matematika yang berciri khas nusantara yang bisa digunakan sebagai acuan dalam memperkaya kajian   nusantara.   Selain   itu,   Yayasan   ini   juga   membutuhkan   referensi   yang   digunakan   untuk   membangun  cetak  biru  kurikulum  pendidikan  yang  bernuansa  ke-Indonesiaa-an.  Keilmuan  matematika  di  Indonesia  belum  berkembang  sepenuhnya.  Hal  ini  ditandai  dengan  kurangnya  terbitan  dalam  keilmuan  ini  di  Indonesia  dan  indeks  literasi  matematika  yang  rendah  di  Indonesia.  Mathematical  poverty  ini  perlu  diatasi  dengan  menggunakan  paradigma  nusantara,  yakni  dengan  mengembangkan  konsep  pembelajaran  matematika  yang  sesuai  dengan  konteks  keindonesiaan  dan  budaya  nusantara.  Tujuan dari  pengabdian  ini  adalah  menyuguhkan  konsep  etnomatematika  yang  terdiri  dari  elemen  literasi,  metarasi  dan  teknokrasi  yang  bersumber  dari  kebudayaan  nusantara  sebagai  landasan  dalam  membentuk  kurikulum  pendidikan  matematika Indonesia. Etnomatematika yang digunakan merujuk pada pemikiran Ubiratan D’Ambrosio. Pelaksanaan  Pengabdian  Kepada  Masyarakat  ini  secara  teknik  diselenggarakan   dalam   bentuk   seminar.   Seminar   ini   bertujuan   untuk   memperkenalkan   konsep   etnomatematika  dalam  budaya  Indonesia  untuk  membentuk  matematika  nusantara. Implementasi pengabdian kepada masyarakat tentang etnomatematika ini berjalan dengan sukses. Subjek pengabdian merasa sangat senang dengan konsep yang diperkenalkan. Kesulitan mereka tentang referensi matematis dan berbagai pengetahuan eksakta yang akan dikembangkan sebagai kurikulum Nusantara bisa diatasi. Pengenalan konsep etnomatematika pada pengabdian masyarakat ini merupakan solusi bagi persoalan mereka yang membutuhkan referensi tentang kebudayaan lokal khususnya tentang matematika.

References

A. J. Bishop, “Western mathematics: The secret weapon of cultural imperialism,†Race Cl., vol. 32, no. 2, 1990.

A. Loomba, S. Kaul, M. Bunzl, A. M. Burton, and J. Esty, Postcolonial studies and beyond. Duke University Press, 2005.

A. M. Abi, “Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah,†JPMI J. Pendidik. Mat. Indones., vol. 1, no. 1, 2017.

A. S. Canagarajah, Reclaiming the local in language policy and practice. Routledge, 2005.

B. Ashcroft, G. Griffiths, and H. Tiffin, The post-colonial studies reader. Taylor & Francis, 2006.

J. Diamond, Guns, germs and steel: a short history of everybody for the last 13,000 years. Random House, 2013.

M. Amit, A. Qouder, and F., “Weaving Culture and Mathematics in the Classroom: The Case of Bedouin Ethnomathematics,†in Ethnomathematics and its Diverse Approaches for Mathematics Education, M. Rosa, L. Shirley, M. E. Gavarrete, and W. V. Alangui, Eds. 2017, pp. 23–50.

M. Ascher, Ethnomathematics: A multicultural view of mathematical ideas. Routledge, 2017.

M. Rosa and D. C. Orey, “State of the Art in Ethnomathematics,†in Current and Future Perspectives of Ethnomathematics as a Program, M. Rosa, U. D’Ambrosio, D. C. Orey, L. Shirley, W. V. Alangui, P. Palhares, and M. E. Gavarrete, Eds. 2016, pp. 11–37.

M. Rosa and M. E. Gavarrete, “An Ethnomathematics Overview: An Introduction,†in Ethnomathematics and its Diverse Approaches for Mathematics Education, 2017, pp. 3–19.

N. Lazarus, “Introducing postcolonial studies,†Camb. Companion Postcolonial Lit. Stud., vol. 1, no. 5, 2004.

U. D’Ambrosio and M. Rosa, “Ethnomathematics and its pedagogical action in mathematics education,†in Ethnomathematics and its diverse approaches for mathematics education, Springer, 2017, pp. 285–305.

U. d’Ambrósio, Ethnomathematics: Link between traditions and modernity. BRILL, 2006.

V. Rani, “Etnomatematika Pada Candi Ratu Boko Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Realistik,†Pros. Semin. Nas., vol. 1., 2018.

W. Kurniawan and T. Hidayati, “Ethnomathematics in Borobudur Temple and Its Relevance in Mathematics Education,†J. Pendidik. Progresif, vol. 10, no. 1, pp. 91–104, 2020.

W. Kurniawan and T. Hidayati, Etnomatematika: konsep dan eksistensinya. Pena Persada, 2019.

Y. N. Harari, Sapiens: A Brief History of Humankind. Vintage, 2019.

Published

2021-08-31