Sosialisasi Penggunaan Tari Fanema Tome

Authors

  • Agustin Sukses Dakhi Universitas Nias Raya

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk menggali serta mengingatkan kepada generasi yang akan datang betapa pentingnya melestarikan budaya Nias yang kian hari kian terlupakan. Sosialisasi penggunaan tari fanema tome ini menjadi sebuah kegiatan rutinitas yang dilaksanakan khususnya di masyarakat Nias Selatan pada umumnya. Seiring dengan perkembangan jaman yang kian hari kian maju, maka penggunaan tari fanema tome sebagai warisan budaya Nias, khususnya di Nias Selatan perlu untuk dilestarikan jangan sampai terlupakan dan punah. Kegiatan sosialisai ini sasaranya adalah mahasiswa dan mahasiswi yang kuliah di Universitas Nias Raya, yang memiliki minat dan mau belajar untuk mengenal betap pentingnya budaya kearifan lokal. Jadi pendidikan untuk mengenal budaya Nias dalam penyambutan tamu serta kegiatan pesta dengan adanya sosialisasi dan pelatihan tari fanema tome ini diharapkan anak muda yang terlibat dalam tari fanema tome ini dapat mewariskan kegenerasi yang akan datang, betapa pentingnya sebuah teknik dan tata cara yang dilaksanakan dalam estetika penampilan tari fanema tome ini tetap terjaga.

Author Biography

Agustin Sukses Dakhi, Universitas Nias Raya

Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

References

Adirasa Hadi Prastyo., D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. Nuta Media.

Dakhi, A. S. (2019). Perkawinan Beda Agama: Suata Tinjauan Sosiologi. Deepublish.

Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Deepublish.

Dakhi, A. S. (2021). Pengantar Sosiologi. Deepublish.

Dakhi, P. F. (1981). Kumpulan Catatan Pribadi Mengenai Budaya Nias.

Dakhi, S. (1990). Catatan Pesta Ya’ahowu Kecamatan Teluk Dalam.

Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.

Wiputra Cendana., D. (2021). Model-Model Pembelajaran Terbaik. Nuta Media.

Published

2022-05-31