Edukasi Pembuatan Bookchapter Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen Di Perguruan Tinggi

Authors

  • Murnihati Sarumaha Universitas Nias Raya
  • Kaminudin Telaumbanua Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Fatolosa Hulu Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Baziduhu Laia Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Amaano Fau Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Impiani Zagoto Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Selfi Yanti Bali Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Andrian Novialdi Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Indah Permata Sari Lase Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Tatema Telaumbanua Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Agustinus Duha Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Yohanna Theresia Venty Fau Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Askarman Laia Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Darmawan Harefa Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nias Raya
  • Arianus Harefa Dosen Fakultas Ilmu Hukum, Universitas Nias Raya
  • Yonathan Sebastian Laowo
  • Aluiwaauri Tafonao Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Nias Raya
  • Yurmanius Waruwu Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Nias Raya
  • Kristiurman Jaya Mendrofa Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Nias Raya
  • Jurisman Waruwu Dosen Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Nias Raya

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dari dosen dalam menulis serta membuat karya dalam bentuk buku. Pengabdian ini dilaksanakan di Universitas Nias Raya, sasaran utamanya adalah dosen yang belum pernah atau pernah memiliki karya berbentuk buku, mencoba untuk membuat karya yang di muat dalam bentuk bookcapter. Metode dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah metode pelatihan yang langsung dilakukan selama satu bulan oleh peserta bersama-sama dalam menghasilan sebuah karya buku chapter. Hasil penulisan bookcapter yang ditulis adalah berbagai metode & pengalaman mengajar dosen di perguruan tinggi yang akan di terbitkan secara nasional oleh penerbit yang memiliki kerja sama dengan penerbit IKAPI.  

Author Biography

Murnihati Sarumaha, Universitas Nias Raya

Pendidikan

References

Adirasa Hadi Prastyo., D. (2021). Bookchapter Catatan Pembelajaran Dosen di Masa Pandemi Covid-19. Nuta Media.

Harefa, D., D. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Belajar Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325–332.

Harefa, Darmawan., D. (2022). SOSIALISASI PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS BAGI MAHASISWA BARU (PKKMB) YAYASAN PENDIDIKAN NIAS SELATAN TAHUN 2021. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 21–27.

Harefa. D., D. (2022). PERAN GURU IPA DALAM PENGEMBANGAN BAKAT AKADEMIK SISWA. Jurnal Ilmiah Aquinas, 5(1), 103–120.

Harefa, D. (2017). Pengaruh Presepsi Siswa Mengenai Kompetensi Pedagogik Guru Dan Minatbelajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (Survey pada SMK Swasta di Wilayah Jakarta Utara). Horison Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Lingusitik, 7(2), 49–73.

Harefa, D. (2018). Efektifitas Metode Fisika Gasing Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Atensi Siswa (Eksperimen Pada Siswa Kelas Vii Smp Gita Kirtti 2 Jakarta). Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(1), 35–48.

Harefa, D. (2019). The Effect Of Guide Note Taking Instructional Model Towards Physics Learning Outcomes On Harmonious Vibrations. JOSAR (Journal of Students Academic Research), 4(1), 131–145.

Harefa, D. (2021). Monograf Penggunaan Model Pembelajaran Meaningful Instructional design dalam pembelajaran fisika. CV. Insan Cendekia Mandiri. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RTogEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&ots=gmZ8djJHZu&sig=JKoLHfClJJF6V29EtTToJCrvmnI&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Harefa, D., Hulu, F. (2020). Demokrasi Pancasila di era kemajemukan. CV. Embrio Publisher,.

Harefa, D., Ndruru, M., Ndraha, L., M. (2020). Teori Model Pembelajaran Bahasa Inggris Dalam Sains. CV Insan Cendekia Mandiri.

Harefa, D., Telaumbanua, T. (2020). Belajar Berpikir dan Bertindak Secara Praktis Dalam Dunia Pendidikan kajian untuk Akademis. CV. Insan Cendekia Mandiri.

Jelita, D. (2022). Bunga Rampai Konsep Dasar IPA. Nuta Media.

Surur, M., D. (2020). Effect Of Education Operational Cost On The Education Quality With The School Productivity As Moderating Variable. Psychology and Education Journal, 57(9), 1196–1205.

Sarumaha, M., D. (2022a). Bokashi Sus Scrofa Fertilizer On Sweet Corn Plant Growth. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–50.

Sarumaha, M., D. (2022b). Catatan berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. CV. Lutfi Gilang.

Sarumaha, M. (2019). Studi Etnobotani Tanaman Obat Keluarga Di Desa Bawolowalani Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan. 7(4), 266–271. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v7i4.1412

Sarumaha, M. (2020). IDENTIFIKASI SERANGGA HAMA PADA TANAMAN PADI DI DESA BAWOLOWALANINo Title. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(3), 86.

Sarumaha, M. (2021a). Biologi Sel: Modul Singkat Sel dalam Perkembangannya. Penerbit Lutfi Gilang.

Sarumaha, M. (2021b). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOMINAL GROUP TECHNIQUE (NGT) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI. Jurnal Education and Development, 9(2).

Sarumaha, M., D. (2022). Bokashi Sus Scrofa Fertilizer On Sweet Corn Plant Growth. Haga Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 32–50.

Sarumaha, M; Harefa, D. (2022). GUIDED INQUIRY LEARNING MODEL ON STUDENT INTEGRATED SCIENCE LEARNING OUTCOMES. Jurnal Ndrumi, 5(1), 27–36. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/NDRUMI/article/view/452

Sarumaha, M. D. (2022). Catatan Berbagai Metode & Pengalaman Mengajar Dosen di Perguruan Tinggi. Lutfi Gilang. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=8WkwxCwAAAAJ&authuser=1&citation_for_view=8WkwxCwAAAAJ:-f6ydRqryjwC

Sarumaha, M., Harefa, D., Piter, Y., Ziraluo, B., Fau, A., Telaumbanua, K., Permata, I., Lase, S., & Laia, B. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Artikulasi Terhadap Hasil Belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(20), 2045–2052.

Wiputra Cendana., D. (2021). Model-Model Pembelajaran Terbaik. Nuta Media.

Zagoto, I. (2016). Collaborative strategic reading (CSR) for better reading comprehension. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 17(1), 65–74.

Downloads

Published

2022-09-15