PELATIHAN PENGOLAHAN SUMBER PEMBELAJARAN PADA SCHOOLOGY
Abstract
Schoology adalah platform sistem manajemen belajar yang menggabungkan konsep Learning Management System (LMS) dan fitur jejaring sosial. Fitur yang dimiliki oleh schoology secara umum terbagi atas tiga bagian, yaitu; course merupakan fasilitas untuk membuat kelas mata pelajaran, groups merupakan fasilitas untuk membuat kelompok belajar dan juga resources yang merupakan tempat upload sumber belajar. Metode pembelajaran jarak jauh di SMK Ar Raisiyah cenderung menoton dan kurang berdampak baik pada hasil belajar siswanya, sudah dicoba dengan beberapa alternative pembelajaran berbasis teknologi dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh dengan memanfaatkan elearning Schoology tetapi masih banyak siswa yang tidak berperan aktif dalam proses pembelajaran jarak jauh tersebut. Dalam hal ini sangat penting untuk mendalami dalam pengelolaan dan penyajian sumber belajar (Learning Resources) yang menarik dan tepat pada proses belajar jarak jauh dengan elearning Schoology tersebut. Para guru di SMK Ar Raisiyah dituntut untuk dapat menyajikan sumber belajarnya dengan benar dan tepat sesuai dengan kebutuhan sistem pembelajaran yang sedang dilakukannya dan salah satunya bagaimana mengelola sumber belajar secara benar dan tepat sesuai dengan kebutuhan elearning Schoology yang digunakan tersebut sehingga berdampak baik pada proses pembelajaran dan para siswa dapat berperan aktif dan dapat menumbuhkan minat belajar serta mendapatkan hasil belajar yang baikReferences
AECT. 1977. Definisi Teknologi Pendidikan. (Diterjemahkan oleh PAU di Universitas Terbuka). Jakarta: PT. Grafindo Persada.
Anshari, M.Hanafi. 1983.Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasinonal
Depdiknas. 2003. Undang – undang Republik Indonesia Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan nasional
Hasanudin, Cahyo. 2020. “E-Learning Schoology : Bagaimana Peran Dan Implementasi Pada Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 ?†Seminar Nasional Hardiknas (2017): 85–90.
Prastowo, A. (2015). Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu: Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI (1st ed.). Prenadamedia Group.
Syukur N.C, F. (2008). Teknologi Pendidikan. Rasial Media Group.