PENGENALAN DAN IMPLEMENTASI FITUR GOOGLE OFFICE DALAM DUNIA PENDIDIKAN PADA SMK MUHAMMADIYAH PARAKAN
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi semakin berkembang dengan sangat pesat, hal tersebut dapat terlihat dari semakin mudahnya seseorang dalam berkomunikasi dan bertukar informasi, bahkan kini tidak lagi terbatas oleh jarak dan waktu. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi kini semakin banyakdikembangkan dan dimanfaatkan diberbagai bidang dan aspek kehidupan guna mencipatakan kemudahan dan efesiensi dalam menyelesaikan tugas dan pekerjaan manusia. Salah satu bidang yang cukup banyak mendapatkan manfaat atas perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut ialah bidang pendidikan. Pembelajaran dengan memanfaatkan / mengikutsertakan peran teknologi di dalamnya akan lebih menarik, efektif, dan efisien. Mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 mengenai Standar Kualifikasi dan Kompetensi Guru dan Dosen, dengan memanfaatkan teknologi informasi menjadi salah satu dari kompetensi yang harus dimiliki oleh para pengajar. Pemahaman IT bukan hanya
digunakan sebagai respon bagi perkembangan zaman, tetapi juga sebagai kewajiban pendidik untuk memenuhi kompetensi tersebut. Tim pengusul yang terdiri dari dosen dan mahasiswa teknik informatika universitas pamulang bermaksud memberikan pelatihan menggunakan fitur google office dalam dunia pendidikan di SMK
Muhammadiyah Parakan.
References
. J. Jupriyadi et al., “Pelatihan Google Apps Sebagai Penunjang Administratif Di Desa Bandarsari,†J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 3, no. 1, p. 15, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i1.1495.
. K. Dharmawan, Y. Ramona, N. Rupiasih, and D. P. E. Nilakusmawati, “Pemanfaatan Aplikasi Google Docs Sebagai Media Pembinaan Karya Ilmiah Remaja,†Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput.
dan Teknol. Inf., no. October, pp. 45–48, 2015.
. Faizul Anany et al., “Nusantara Journal of Community Engagement FUNGSI FITUR GOOGLE DOCS SEBAGAI DASAR PENGGUNAAN E-OFFICE PADA PROGRAM STUDI
MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN SUNAN AMPEL SURABAYA,†vol. x, no. x, pp.
–10, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/NJCE/index.
. Parade, D. Handayani, and S. Sumpono, “Menggunakan Media Internet Docs.Google Pada Pokok Bahasan Reaksi Redoks Kelas X Ipa Di Sman 4 Kota Bengkulu,†Alotrop, vol. 2, no. 1, pp. 8–13,
, doi: 10.33369/atp.v2i1.4582.
. D. Zaliluddin, “Aplikasi Administrasi Online Berbasis Android Menggunakan Google Apps Sebagai Sarana Pelayanan Masyarakat Ditengah Pandemi Covid19,†JSiI (Jurnal Sist. Informasi),
vol. 8, no. 2, pp. 96–99, 2021, doi: 10.30656/jsii.v8i2.3637.
. E. Abdel-Reheem Amin, “A Review of Research into Google Apps in the Process of English Language Learning and Teaching,†Arab World English J., vol. 11, no. 1, pp. 399–418, 2020, doi: 10.24093/awej/vol11no1.27.
. S. Sarmini, P. Pandanarum, and D. A. Permanasari, “Pelatihan Google Apps for Education Kepada Guru Madrasah Aliyah (Ma) Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara,†SELAPARANG J. Pengabdi.
Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 437, 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.3213.
. P. Permata, Z. Abidin, D. Amelia, and R. M. Aguss, “Pelatihan Google Apps Untuk Menambah
Keahlian Teknologi Informasi Bagi Guru Smk Pgri 1 Limau,†J. Soc. Sci. Technol. Community
Serv., vol. 3, no. 1, p. 43, 2022, doi: 10.33365/jsstcs.v3i1.1794.
. D. Maharani, F. Helmiah, and N. Rahmadani, “Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan
Website Pada Masa Pandemi Covid-19,†J. Pengabdi. Masy. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2021,
doi: 10.25008/abdiformatika.v1i1.130.