WORKSHOP MOTIVASI KARIR SISWA SMK MUHAMMADIYAH PARAKAN JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA DALAM MELAMAR KERJA

Authors

  • Syafril Chairiansyah Universitas Pamulang

Abstract

Dampak era Revolusi Industri 4.0 sangat berpengaruh pada segala sektor kehidupan, terutama sektor-sektor yang bergantung pada penggunaan teknologi informasi. Revolusi industri 4.0 mengakibatkan terjadinya kolaborasi teknologi dunia maya dengan teknologi otomatisasi. Tak luput hal ini berdampak pula pada dunia pendidikan.

Berdasarkan data keluaran Badan Pusat Statistik bulan Agustus 2021, jumlah pengangguran terbuka menurut pendidikan tertinggi yang ditamatkan, lulusan SMK menempati urutan kedua pengangguran terbanyak setelah lulusan SMA. Sebanyak 23,2% diwakili oleh lulusan SMK. Untuk SMK Muhammadiyah Parakan terdapat beberapa permasalahan pada siswa di antaranya banyak siswa yang masih bingung harus melanjutkan pendidikan atau terjun ke dunia kerja setelah lulus sekolah. Untuk itu, diperlukan sebuah bentuk dorongan/motivasi dan pengetahuan yang mampu menjawab kebingungan dan mengarahkan mereka. Wujud nyata dari upaya tersebut adalah melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk workshop motivasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan dunia kerja di bidang TI yang melibatkan para dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang Tangerang Selatan, Banten.

Pelaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai bentuk komitmen sosial terhadap lingkungan sekitar kampus, khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya. Upaya ini diwujudkan dengan partisipasi dosen dan mahasiswa secara langsung di tengah-tengah masyarakat yang membutuhkan.

Kata kunci: Pengabdian Kepada Masyarakat, Tri Darma Perguruan Tinggi, Workshop Motivasi

References

Distyawati. 2017. Pengaruh Kompetensi Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Aparatur Pengawas Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. https://media.neliti.com/media/publications/191017-ID-pengaruh-kompetensi-dan-pengembangan-kar.pdf

Gibson, L. J.; Ivancevich, M. J.; Konopaske, R. 2012. Organizations: Behavior, Structure, Processes. Fourteenth Edition. McGraw-Hill Irwin, New York.

Ikhsan, Aulia., Siswopranoto, Agung., Aisyah, Iis., Ester, Ria. 2021. Workshop Motivasi Karir Masa Depan Siswa/i SMK Panti Karya 3 dengan Pengetahuan Digital Marketing dan Pembuatan CV Menggunakan Canva. Jurnal Ilmu Komputer (JIK) Vol. 4 No.1 hal. 40 – 44,

Jati, Waluyo, dkk., 2020, Memperkuat Motivasi Belajar dengan Penyusunan Rencana Karir SMK Sasmita Jaya, Jurnal Baktimas: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, Vol. 2, No. 2, Juni 2020.

Karim, Abdul, dkk., 2021, Pengantar Teknologi Informasi, Yayasan Labuhanbatu Berbagi Gemilang.

Nurmasari. 2015. Peranan Penting Perencanaan dan Pengembangan Karier. https://journal.uir.ac.id JIAP.

Rachmawati, Mira Aliza, 2020, Pengaruh Achievement Motivation Training Terhadap Peningkatan Self Efficacy Pada Siswa SMU, Jurnal Psikologika.

Republik Indonesia, Peraturan Pemerintah No. 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Bernhard Tewal, dkk. 2017. Perilaku Organisasi. Penerbit Patra Media Grafindo: Bandung

Rosidin, R. 2018. Peran Teknologi Untuk Pengembangan Karir. https://journal.uny.ac.id

Universitas Mulia. 2015. Inilah Alasan Mengapa Belajar Informatika dan Komputer Zaman Sekarang Itu Menguntungkan. https://universitasmulia.ac.id/2021/05/27/inilah-alasan-mengapa-belajar-informatika-dan-komputer-zaman-sekarang-itu-menguntungkan/

Downloads

Published

2023-01-05