SOSIALISASI MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MOODLE PADA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI INFORMASI NIIT
Abstract
Pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan bekerja, beribadah dan belajar dari rumah sebagai tindakan untuk mengurangi tingkat penularan dan penyebaran virus Covid-19 di masyarakat. Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Informasi (STTI) NIIT menyambut positif kebijakan tersebut dengan mebuat keputusan penyelengaraan perkuliahan diubah secara daring (dalam jaringan). Dengan demikian STTI NIIT perlu mensosialisasikan penggunaan platform pembelajaran daring berbasis moodle yang sudah dibangun kepada dosen dan mahasiswa agar kualitas pembelajaran tetap terjaga. Moodle selain sebagai media pembelajaran daring yang bersifat Asynchronous Learning juga dapat dipadukan dengan Platform Google Meet untuk tatap maya atau Synchronous Learning. Media pembelajaran daring moodle yang bersifat open source dan banyak digunakan oleh perguruan tinggi menjadikan proses sosialisasi penggunaannya menjadi lebih mudah. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menambah pemahaman dosen dan mahasiswa terhadap beberapa fitur Learning Management System (LMS) moodle. Fitur yang disosialisasikan diantaranya adalah fitur pengumuman, modul digital, virtual conference, forum diskusi, penugasan, dan ujian. Melalui sosialisasi LMS moodle tersebut kegiatan pembelajaran daring antara dosen dan mahasiswa di STTI NIIT dapat berjalan dengan baik. Aksesibiltas mahasiswa dan dosen ke web LMS moodle terjadi peningkatan melalui fitur forum diskusi dan tatap maya.
References
Fendy, P. Y. (2017). Pengembangan E-Learning Berbasis Moodle untuk Peserta Kursus di Swift English School Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Haryadi, R. N., Yusup, A. M., Utarinda, D., Mustika, I. A., Sandra, D., & Rokhmawati, D. U. (2022, Maret). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi E-Learning Berbasis Website Di Masa Pandemi Covid-19. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(2), 110-115.
Muslimah, T., & Fauziah, A. M. (2021, Juli). Penerapan Media E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. PENSA E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 234-241.
Natasia, C., & Puspasari, D. (2020, April). Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 169-179.
Nizam, & Junaidi, A. (2020). Booklet Pembelajaran Daring. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.
Pratama, F., Safitri, A. E., Damayanti, D., Savitri, & Nurhasanah. (2021, Juni). Implementasi Moodle V.3.9 Dan Zoom Sebagai Platform Pembelajaran Daring Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Saint Mary. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 2(2), 71-80.
Sara, K., Witi, F. L., & Mude, A. (2020, Desember). Implementasi E-Learning Berbasis Moodle Di Masa Pandemi Covid 19. ALIGNMENT:Journal of Administration and Educational Management, 3(2), 181-189.
Sari, I. N., & Exacta, A. P. (2021, Desember). Implementasi Moodle Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(2), 233-240.
Septian, F., Syaripudin, A., & Punkastyo, D. A. (2020). Pelatihan Pendidikan Jarak Jauh Berbantuan Media Sosial Edmodo Bagi Guru SMP Terbuka Sawangan Depok. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2), 60-68.