Pendampingan Pengisian Raport Digital Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Kota Palangka Raya

Authors

  • Nurul Hikmah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Sulistyowati Sulistyowati IAIN Palangka Raya
  • Atin Supriatin IAIN Palangka Raya
  • Istiyati Mahmudah IAIN Palangka Raya

Abstract

Raport Digital Madrasah merupakan aplikasi pengolahan dan pelaporan hasil belajar peserta didik. RDM merupakan penyempurnaan dari aplikasi serupa yang digunakan sebelumnya yaitu ARD (Aplikasi Raport Digital Madrasah). Salah satu tujuan RDM adalah menjadi bank nilai sehingga data nilai peserta didik dapat tersimpan dengan rapi. Karena aplikasi ini belum lama diluncurkan, maka guru di MIN 3 Kota Palangka Raya masih belum memahami langkah-langkah pengisiannya sementara penmbagian raport semester ganjil akan segera dilaksanakan. Sehingga Kepala Madrasah menginginkan adanya pelatihan dan pendampingan pengisian Raport Digital Madrasah bagi guru-guru nya. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru MIN 3 Kota Palagka Raya telah memahami langkah-langkah pengisian Raport Digital Madrasah. Hal tersebut dibuktikan dengan selesainya pengisian Raport Digital Madrasah di setiap akun guru. Diperlukan pendampingan berkelanjutan pada setiap pengisian RDM. Mengingat aplikasi ini hanya digunakan pada akhir semester saja.

References

Aisidah, S. (2020). Pendampingan Aplikasi Rapor Digital di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Jinan Wonoayu Sidoarjo. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 10(2), 254-279. DOI: https://doi.org/10.54180/elbanat.2020.10.2.254-279.

Ariefni, D. F., & Legowo, M. B. (2018). Penerapan Konsep Monitoring Dan Evaluasi Dalam Sistem Informasi Kegiatan Mahasiswa Di Perbanas Institute Jakarta. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 4(3), 422-432.

Fajriati, R., & Nugraheni, A. S. (2021). Use of the Digital Report Application for Raudhatul Athfal (ARDIRA) in Evaluating Child Growth and Development. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 49-58. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12260 .

Guntoro, G., Costaner, L., & Sutejo, S. (2017). Pelatihan Sistem Pembelajaran E-Learning Pada Sekolah Menengah Kejuruan Dwi Sejahtera Pekanbaru. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 39-45. DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.411.

Hikmah, N. (2022). Pelatihan Membaca Kitab Kuning Berbahasa Melayu di TPA Jamiatul Fatihah Kota Palangka Raya. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 82-84. DOI: https://doi.org/10.32764/abdimas_agama.v3i2.2887.

Muis, Abdul. (2019). Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jakarta: Laksana.

Mustofa, M. L. (2012). Monitoring dan evaluasi: konsep dan penerapannya bagi pembinaan kemahasiswaan.

Nurbani, G. (2022). Manajemen Penggunaan Aplikasi Rapor Digital Dengan Kompetensi Profesional Guru: Penelitian Pada Guru MTsN dan MAN di Kota Bandung. TARBAWI, 10(2), 107-116. DOI: https://doi.org/10.36781/tarbawi.v10i2.202.

Nurdin, M. A., & Musthofa, A. H. (2020). Aplikasi Rapor Digital Madrasah Dalam Penilaian Hasil Belajar Siswa. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 67-78. DOI: https://doi.org/10.33367/jiee.v2i1.1041.

Nurmala, I. (2020). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Aplikasi Rapor Digital (Ard) Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Jember).

Pangastuti, R., & MunfaAti, K. (2018). Penilaian Acuan Norma, Penilaian Acuan Patokan, Kriteria Ketuntasan Minimal Di Madrasah Ibtidaiah an-Nur Plus Junwangi Krian Sidorajo Jawa Timur. Tarbiyah al-Awlad, 8(2), 202-217.

Puspaningrum, A. S., Neneng, N., Saputri, I., & Ariany, F. (2020). Pengembangan E-Raport Kurikulum 2013 Berbasis Web Pada Sma Tunas Mekar Indonesia. Jurnal Komputasi, 8(2), 94-101. DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fkomputasi.v8i2.2692.

Salem, M. A., & Samad, Y. A. (2021). Implementasi Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis Aplikasi Raport Digital (ARD) Di MTs Negeri Kota Kupang. SATESI: Jurnal Sains Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(2), 79-84. DOI: https://doi.org/10.54259/satesi.v1i2.40.

Sartika, N. S., & Yulita, S. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Probing-Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 149-159. DOI: https://doi.org/10.30656/gauss.v1i2.1038.

Sulistyo, H. (2022). Correlation Of The Use Learning Report Application And Authentic Assessment Of 2013 Curriculum On Elementary Teachers’performance In Bantul Regency. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 9(1), 62-71. DOI: https://doi.org/10.31316/esjurnal.v9i1.2171.

Sulur, S. N. Upaya Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Menetapkan Nilai Kkm Melalui Workshop Di Sd Negeri Sulur Tahun 2019 Oleh: Sumiyarti.

Wahyuni, S., & Sari, M. (2017). Sosialisasi dan Pelatihan Teknik Penyaringan Air di Desa Mengkapan, Siak. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 100-105. DOI: https://doi.org/10.31849/dinamisia.v1i1.412.

https://rdm.kemenag.go.id/#/beranda

Downloads

Published

2023-01-05