PENGENALAN E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA/I PONDOK PESANTREN DAAR EL-HIKAM CIPUTAT DALAM BERWIRAUSAHA
Abstract
Perdagangan secara elektronik atau E-Commerce semakin banyak diminati oleh masyarakat baik di tingkat nasional maupun internasional, hal ini didukung oleh semakin banyaknya kemudahan melakukan transaksi yang ditawarkan dengan e-commerce. E-commerce berkembang pesat juga dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat milenia sekarang ini yang lebih suka berbelanja secara online. Tidak hanya berbelanja secara online, masyarakat juga semakin banyak yang merubah profesi menjadi enterpreuneur atau pengusaha, khususnya di masa pandemi Covid 19. Setelah pandemi, masyarakat menjadi terbiasa dengan berbelanja secara online disebabkan karena kemudahan, kepuasan dan berbagai aspek lain yang ditawarkan berbagai platform digital. Melihat trend berbelanja secara online ini maka masyarakat juga semakin jeli melihat peluang-peluang bisnis. Bisnis e-commerce di dunia mengalami peningkatan yang sangat signifikan dan di Indonesia meningkat 10 kali lipat dengan penambahan pelanggan baru yang mencapai lebih dari 50% dalam berbagai platform e-commerce lokal untuk membantu proses pembelian barang dari konsumen ke pasar. Melihat besarnya peluang E-Commerce di masa sekarang dan yang akan datang, maka penting dipahami pengetahuan dasar E-Commmerce, keamanan, peluang dan metode untuk bisa menjadi pelaku dalam wirasusaha. Oleh sebab itu tim dosen Universitas Pamulang turut ambil bagian berbagi ilmu kepada para siswa/i Pondok Pesantren Daar El-Hikam Ciputat dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah membuka wawasan para siswa/i tentang E-Commerce sehingga dapat meningkatkan minat dalam berwirausaha. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan pelatihan. Hasil pelatihan diketahui bahwa siswa/i belum pernah mengikuti pelatihan wirausaha. Setelah mengisi kuesioner pelatihan, diperoleh hasil sekitar 76% siswa/i tertarik berwirausaha menggunakan E-Commmerce.
References
Atmaja, H. E. (2021). Meningkatkan Minat Kewirausahaan Di Era Global Melalui E-Commerce. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Unsurya, 57.
Baum, D. (1999). E-Commerce. New Jersey: Oracle Corp.
Laudon, K. C. (1998). Management Information Systems - New Approaches to Organization & Technology. 5th edition,. New Jersey: Prenctice Hall.
Mumtaha, H. A. (2019). Analisis Dampak Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 Pada Perilaku Masyarakat Ekonomi (E-Commerce). PILAR TEKNOLOGI : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik, 55-60.
Sirclo. (2020, Desember 20). Jumlah Pengguna E-Commerce Indonesia di Tahun 2020 Semakin Pesat. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.
Sudaryono, E. R. (2020). E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai Enterpreneur Modern dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline. Jurnal Manajemen dan Bisnis (JUMANIS), 111 - 124.