Privasi Dalam Bersosial Media
Abstract
Pada tahun 2022, Indonesia telah mencapai 191 juta pengguna media social, dan data ini telah meningkat 12,35% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sekitar 170 juta. Namun tanpa data seperti ini pun mungkin dari kita semua sudah menyadari bahwa peran media sosial sangat dibutuhkan di era yang serba digital ini. Hal ini dapat dilihat sejak dua tahun lalu dimana seluruh dunia telah ditimpa musibah Covid-19 yang mengharuskan kita semua untuk berdiam diri di rumah masing-masing dan beraktivitas atau berkomunikasi hanya dengan menggunakan media sosial. Dari hal inilah media sosial menjadi sering digunakan untuk keperluan bersosialisasi, mendapatkan informasi, dan mencari sarana hiburan. Hasrat manusia untuk membangun komunikasi melalui media sosial dengan cara yang personal dan privat selalu ada (Trepte & Reinecke, 2011). Dengan adanya media sosial, para pengguna mendapatkan kepuasaan dari proses pengungkapan diri yang mereka lakukan terhadap publik yang mereka pilih sebagai kontak yang terhubung dalam jejaring sosial mereka. Pada waktu yang bersamaan, seiring dengan pengungkapan diri yang mereka lakukan dalam media sosial, maka semakin besar pula risiko atas pelanggaran privasi. Alan Westin menyatakan bahwa privasi adalah cara yang orang lakukan untuk melindungi diri mereka dengan jalan membatasi akses orang lain kepada diri mereka untuk sementara (Margulis, 2011). Dengan kata lain, persoalan privasi adalah persoalan proteksi dan kontrol seseorang atas diri mereka.
Dengan adanya sosialisasi privasi dalam bersosial media yang dihadiri oleh siswa/i SMK ini diharapkan akan menambah pemahaman para peserta mengenai apa yang tidak diperkenankan untuk disebarkan ke khalayak umum sebagai seorang pengguna media sosial yang bijak sehingga dapat memahami bahwa privasi dalam bersosial media merupakan hal penting yang harus diperhatikan dan meminimalisir dampak negatif dari bersosial media.
References
Mendefinisikan Privasi di Ruang Media Sosial
https://www.inanews.co.id/2022/11/ini-penjelasan-ahli-soal-social-networking-pada-media-sosial/
https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/23502/16290
Supratman, 2018 dan Suryani, 2017.
Purnama, Yulian, (2022). Dari Manakah Facebook mendapatkan Uang?, dari KIPMI: https://kipmi.or.id/dari-mana-facebook-mendapatkan-uang.html, diakses tgl 12 November 2022
Pentingnya Menjaga Privasi Diri Sendiri di Sosial Media Pentingnya Menjaga Privasi Diri Sendiri di Sosial Media | kumparan.com.
Mendefinisikan Privasi di Ruang Media Sosial
Mendefinisikan Privasi di Ruang Media Sosial – Combine Resource Institution