PENGENALAN DAN PEMANFAATAN APLIKASI RUMAH BELAJAR DI SMK PGRI 31 LEGOK

Authors

Abstract

SMK PGRI 31 Legok merupakan SMK swasta yang berkembang didaerah kabupaten Tangerang, provinsi Banten. Terdapat beberapa jurusan di SMK PGRI Legok, yaitu Akuntansi, Perkantoran dan Teknik Komputer dan Jaringan.  Salah satu sarana untuk meningkatkan mutu pendidikan, termasuk di SMK PGRI 31 Legok adalah memaksimalkan penggunaan teknologi berupa aplikasi yang mendukung pembelajaran.  Rumah Belajar adalah aplikasi resmi dan Kemendikbud yang berisi tentang pembelajaran dari berbagai jenis tingkat sekolah. Aplikasi Rumah Belajar sudah ada dari tahun 2011 tapi penggunanya meningkat ketika masa pandemic tahun 2020.

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengenalkan dan memberikan sosialisasi bagaimana memanfaatkan aplikasi Rumah Belajar dengan sebaik baiknya untuk meningkatkan ut pendidikan khususnya di SMK PGRI 31 Legok, Dari hasil kegiatan siswa terlihat antusias da berperan aktif dalam diskusi serta dapat menggunakan aplikasi dengan baik.

Author Biographies

Fitri Yanti, Universitas Pamulang

Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika

Yolen Perdana Sari, Universitas Pamulang

Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika

Jaka Sutresna, Universitas Pamulang

Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika

References

Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Dofir. (2020). Analisis Kontrastif Pendidikan di Indonesia, di Finlandia, dan Ajaran Ki Hajar Dewantara. Jurnal Ta’dib, 18(1).

Faiztyan, I. F., Isnanto, R. R., & Widianto, E. D. (2015). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Visualisasi 3D Interaktif Masjid Agung Jawa Tengah Menggunakan Unity3D. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.2.2015.207-212

Helenurdin. (n.d.). Sekilas tentang Aplikasi Rumah Belajar. http://solmet.kemdikbud.go.id/?p=3141#:~:text=Aplikasi atau portal Rumah Belajar,alamat url http%3A%2F%2Fbelajar.

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1).

Sutresna, J., & Yanti, F. (2020). Sistem Pembelajaran Agama Islam Berbasis Web Untuk Tingkat SD Menggunakan Model Waterfall Dipesantren Tahfidz Daarul Qur’an-Tangerang. JOAIIA : Journal of Artificial Intelligence and Innovative Applications, 1(3).

Yanti, F., & Sutresna, J. (2022). Alphabet Recognition with Augmented Reality Technology Based on Android Using Extreme Programming Model. In JUITA: Jurnal Informatika (Vol. 10, Issue 1). https://doi.org/10.30595/juita.v10i1.12125

Yanti, F., Sutresna, J., & Sari, Y. P. (2021). PENGENALAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KEPADA PARA GURU. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat Program Studi Teknik Informatika Universitas Pamulang, 2(3), 32–41.

Published

2023-05-31