PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DI DESA DANGDANG
Abstract
Perkembangan teknologi sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Berbagai bidang tidak lepas dari peran teknologi, tak terkecuali bidang ekonomi. Salah satu kekuatan ekonomi yang selama ini menjadi penunjang ekonomi negara Indonesia dan kekuatan ekonomi daerah adalah kehadiran pelaku usaha, mikro, kecil dan menengah (UMKM). Pelaku UMKM dapat mempertahankan dan meningkatkan kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah serta peningkatan penerimaan pada sektor pajak negara, selain ditunjang oleh industri skala besar, juga ditunjang secara signifikan oleh kelompok-kelompok industri skala kecil. Dalam pemasaran UMKM saat ini juga tidak lepas dari peran teknologi khususnya media sosial, dengan tujuan pasar yang semakin luas. Media sosial atau jejaring social menjadi platform yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Dengan media social para pelaku usaha juga dapat memanfaatkan untuk memasarkan dagangannya. Saat ini, digital marketing menjadi salah satu media yang sering digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa perusahaan sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/dan beralih ke pemasaran moderen. Desa Dangdang merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Saat ini banyak para pelaku usaha yang ada di Desa Dangdang, diantaranya pengusaha makanan ringan dan busana. Namun sebagian besar pelaku usaha belum memasarkan usaha ke jangkauan yang lebih luas. Mereka hanya memasarkan offline dari mulut ke mulut. Untuk itu tujuan dari pengabdian ini yaitu memberikan pelatihan digital marketing bagi UMKM yang ada di Desa Dangdang.References
Ali, H. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS
Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., & Johnston, K. (2009). Internet Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall
Chaffey, Dave, Richard Mayer, Kevin Johnston dan Fiona Ellis-Chadwick. (2015). Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice, Pearson Education Limited, London, England.
Gumilang, Risa Ratna .(2019). Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen Vol 10(1)
Jonathan Sarwono, K. Prihartono. (2015). Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet. Elex media Komputindo, Jakarta.
Justin G. Longenecker, dkk., (2013). Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Salemba Empat. Jakarta.
Kodrat, D. S. (2009). Membangun Strategi “Low Budget High Impact†di Era NeW wave Marketing. Jurnal Manajemen Bisnis, 2 No. 1, 59–86.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Safko, Lon and David K.Brake. (2016). The Social Media Bible: Tactics, Tools, and Strategies for Business Success. John Wiley & Sons: New Jersey.
Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2009). Creative Digital Marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo
Strauss, Judy dan Raymond Frost. (2014). E-Marketing, 5th Edition. Prentice-Hall, Inc., Upper Saddle, New Jersey
Turban, Efraim, R.Kelly Jr. Rainer dan Richard E.Potter, 2013, Introduction To Information Technology, 3rd Edition, John Wiley & Sons, Inc., New York.