PELATIHAN PENGGUNAAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN CAHAYA KASIH BOJONGSARI- DEPOK

Authors

  • Kasih Kasih Kasih UNPAM
  • Bodi Santoso
  • Ham Idris Tumenggung

Abstract

Media pembelajaran Microsoft PowerPoint untuk meningkatkan minat belajar siswa di taman Pendidikan Al-quran Cahaya Kasih merupakan salah satu pelatihan yang akan diberikan kepada para siswa dalam rangka pengabdian kepada masyarakat, karena masa anak-anak merupakan masa yang optimal pada masa perkembangannya. Pada masa ini seluruh kemampuan dirinya baik kognitif, fisik motorik, bahasa, sosial, emosional, dan moral, berkembang sangat pesat. Kini dunia pendidikan terus berkembang, perkembangan teknologi ini tidak hanya dirasakan bagi orang tua saja tetapi sudah merambah ke pendidikan anak. Tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah siswa dapat membuat media pembelajaran berbasis Powerpoint, materi microsoft powerpoint dapat memberikan skill, menambah wawasan para siswa dan dapat menerapkannya dalam proses pembelajaran, serta untuk mengetahui apakah  pembelajaran Microsoft PowerPoint dapat meningkatkan minat belajar siswa di taman Pendidikan Al-quran Cahaya kasih dalam semua pembelajaran, karena pembelajaran berbasis komputer adalah salah satu bentuk media yang digunakan siswa dan guru untuk mempermudah dalam penyampaian bahan presentasi dan materi pembelajaran.  Subjek pada pelatihan merupakan anak kelompok B sampai C di Taman Pendidikan Al-quran Cahaya Kasih sebanyak 20 anak. Sebagai langkah awal metode kegiatan yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini meliputi survey dan wawancara dengan siswa meliputi observasi, pengumpulan data yang berhubungan dengan pembelajaran/ pengaplikasian, serta studi pustaka sebagai dasar untuk memperoleh referensi yang baik agar pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Dengan adanya pengabdian kepada masyarakat ini melalui pelatihan pembelajaran Microsoft PowerPoint dapat dijadikan media yang menarik dan menyenangkan dalam meningkatkan minat belajar para siswa, sehingga dapat menstimulus perkembangan anak serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir anak.

Kata kunci: Aplikasi,  Microsoft, Pembelajaran, dan PowerPoint. 

References

Aulia Akmal. 2020. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Volume 3 Nomor 1, Mei 2020

Kasmir. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Depok: Rajawali Pers

Nurhidayati, N., Asrori, I., Ahsanuddin, M., & Dariyadi, M. W. 2019. No Title Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Dan Pemanfaatan Aplikasi Android Untuk Guru Bahasa Arab. Jurnal Karinov, 2(3), 181–184.

Pramudyo, G. N. 2017. Etika Ilmiah dan Penelitian. Malang: Universitas Brawijaya.

Rohendi, T. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 32-41.

Rusli, Muhammad, Edy Winarso, and Darani Putri. 2020. “Pelatihan Microsoft PowerPoint Dasar Bagi Guru Guru Paud Kabupaten Bekasi.†Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Institute Teknologi dan Bisnis Kalbis. Volume 1 Nomor 1,2020. DOI: https://doi.org/10.53008/abdimas.v1i1.22

Fansyuri, M., & Yunita, D. (2023). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Implementasi K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Jenis Kelamin Berdasarkan Analisis Citra Wajah. Media Online), 3(6), 1208–1216. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.827

Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanaky , Hujair AH. (2009). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safiria Insania Press

Setiawan, B., & Purnomo, E. 2016. Pelatihan media pembelajaran multimedia dengan powerpoint dan wondershare untuk pengembangan soft skills siswabagi guru SD &TK1. Warta LPM, 19(1), 64–73.

Sri, Larasati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama.. Cetakan Pertama. CV.Budi Utama: Yogyakarta.

Sudiatmika, I. B., Fredlina, K. Q., & Astawa, N. L. 2020. Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Dan Teknologi Informasi di Sekolah Dasar negeri 3 munduk. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 270-275. doi:10.22437/jkam.v4i2.10535

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sutarmi, K., & Suarjana, I. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Problem Solving dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 75. doi: 10.23887/jisd.v1i2.10141

Wahid, Arif Mu’amar. 2022. Pemanfaatan Microsoft Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran.

Melalui; https://lpm.amikompurwokerti.ac.id/pemanfaatan-microsoft-powerpoint-sebagai-media-pembelajaran

Published

2024-01-14