Pelatihan Keterampilan Digital untuk Anak-Anak MT Ahlul Mazaya Cisauk
Abstract
Pelatihan Keterampilan Digital untuk Anak-Anak MT Ahlul Mazaya Cisauk merupakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan penguasaan teknologi digital pada anak-anak melalui kegiatan pelatihan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran yang interaktif, mencakup materi dasar penggunaan komputer, perangkat lunak produktivitas, dan keterampilan dasar pemrograman. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan praktis peserta dalam mengoperasikan teknologi digital. Tantangan dalam akses dan pemahaman berhasil diatasi dengan strategi penggunaan fasilitas sekolah dan bimbingan tambahan. Rekomendasi melibatkan penguatan lanjutan, kolaborasi dengan pihak eksternal, serta monitoring dan evaluasi berkelanjutan. Pelatihan ini diharapkan memberikan kontribusi positif dalam membekali anak-anak MT Ahlul Mazaya Cisauk dengan keterampilan digital yang relevan dan bermanfaat untuk masa depan mereka.References
Agung, W. C., Kustiyarto, R. A., Anggoro, P. W., Sururi, M., Ananda, S., Wulandari, T. Y., Oktiviana, F. A., Trapsilowati, H. J., Marhaeni, N. H. (2023). Peningkatan Keterampilan Teknologi Digital Bagi Masyarakat Inklusif di Desa Argosari Melalui Pelatihan Canva. Nanggroe : Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(7), 126-134. https://doi.org/10.5281/zenodo.10036347
Miranda, D., Marmawi R., Linarsih, A., Amalia, A. (2022). Pengenalan Keterampilan Literasi Digital pada Anak Usia Dini. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3), 3844 – 3851. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2767
Munawar, M., Fakhruddin, RC, A. R., & Titi Prihatin. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini. Seminar Nasional Pascasarjana 2019 ISSN: 2686-6404, 1–5.
Sabilah, J., Riyanti, S. N., & Saputra, N. (2021). Kesiapan Kerja Generasi Milenial di DKI Jakarta Raya: Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Digital. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(3), 225–242. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i3.379