PELATIHAN PENYELESAIAN MASALAH SEHARI-HARI MENGGUNAKAN PENERAPAN MATERI BARISAN DAN DERET ARTIMATIKA

Authors

  • Muhammad Rizky Mazaly Universitas Potensi Utama
  • Rahmi Ramadhani Universitas Potensi Utama

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini berupa workshop mengenai pelatihan menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan barisan dan deret aritmatika bagi siswa SMA Swasta Al-Fattah Desa Lama, Hamparan Perak, Sumatera Utara. Jumlah peserta workshop ini sebanyak 25 orang siswa SMA Swasta Al-Fattah Desa Lama, Hamparan Perak. Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pengabdian ini adalah 1) peningkatan pemahaman siswa mengenai penerapan menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan barisan dan deret aritmatika; 2) peningkatan keterampilan siswa menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan barisan dan deret aritmatika; dan 3) peningkatan motivasi serta antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika. Ada empat tahapan metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini. Tahap pertama adalah tahapan pembentukan kelompok belajar. Tahap kedua adalah tahap pemberian masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tahap ketiga adalah tahapan menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah yang sudah ditentukan. Dan tahap keempat adalah tahapan mengevaluasi penyelesaian.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hu, Y. H., Xing, J., & Tu, L. P. (2018). The effect of a problem-oriented teaching method on university

mathematics learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education.

https://doi.org/10.29333/EJMSTE/85108

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas

Negeri Malang.

Ramadhani, R. (2018). The enhancement of mathematical problem solving ability and self-confidence

of students through problem based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 127.

https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13269

Ramadhani, R., & Narpila, S. D. (2018). Problem based learning method with geogebra in mathematical

learning. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3.2 Special Issue 2).

Saygılı, E. ; (2017). Examining The Problem Solving Skills and The Strategies Used by High School

Students in Solving Non-routine Problems. In E-International Journal of Educational Research

(Vol. 8).

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan

Indonesia.

Suriati, S. (2019). Analisis Prestasi Belajar Matematika : Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Think-Pair-Square Ditinjau dari Aktivitas Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 181–188.

https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4374

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Yu, K.-C., Fan, S.-C., & Lin, K. (2015). Enhancing Students ’ Problem-Solving Skills Through

Context-Based Learning. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(6), 1377–

https://doi.org/10.1007/s10763-014-9567-4

Published

2020-02-27