PELATIHAN PENYELESAIAN MASALAH SEHARI-HARI MENGGUNAKAN PENERAPAN MATERI BARISAN DAN DERET ARTIMATIKA
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan ini berupa workshop mengenai pelatihan menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan barisan dan deret aritmatika bagi siswa SMA Swasta Al-Fattah Desa Lama, Hamparan Perak, Sumatera Utara. Jumlah peserta workshop ini sebanyak 25 orang siswa SMA Swasta Al-Fattah Desa Lama, Hamparan Perak. Tujuan yang ingin dicapai pada kegiatan pengabdian ini adalah 1) peningkatan pemahaman siswa mengenai penerapan menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan barisan dan deret aritmatika; 2) peningkatan keterampilan siswa menyelesaikan masalah sehari-hari menggunakan barisan dan deret aritmatika; dan 3) peningkatan motivasi serta antusiasme siswa dalam pembelajaran matematika. Ada empat tahapan metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini. Tahap pertama adalah tahapan pembentukan kelompok belajar. Tahap kedua adalah tahap pemberian masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tahap ketiga adalah tahapan menyelesaikan masalah dengan langkah-langkah yang sudah ditentukan. Dan tahap keempat adalah tahapan mengevaluasi penyelesaian.References
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hu, Y. H., Xing, J., & Tu, L. P. (2018). The effect of a problem-oriented teaching method on university
mathematics learning. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education.
https://doi.org/10.29333/EJMSTE/85108
Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas
Negeri Malang.
Ramadhani, R. (2018). The enhancement of mathematical problem solving ability and self-confidence
of students through problem based learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 127.
https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13269
Ramadhani, R., & Narpila, S. D. (2018). Problem based learning method with geogebra in mathematical
learning. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(3.2 Special Issue 2).
Saygılı, E. ; (2017). Examining The Problem Solving Skills and The Strategies Used by High School
Students in Solving Non-routine Problems. In E-International Journal of Educational Research
(Vol. 8).
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan
Indonesia.
Suriati, S. (2019). Analisis Prestasi Belajar Matematika : Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Think-Pair-Square Ditinjau dari Aktivitas Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 181–188.
https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4374
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.
Yu, K.-C., Fan, S.-C., & Lin, K. (2015). Enhancing Students ’ Problem-Solving Skills Through
Context-Based Learning. International Journal of Science and Mathematics Education, 13(6), 1377–