Sosialisasi Pemanfaatan Generative Artificial Intelligence Di Bina Qurani Islamic Boarding School
Abstract
Kegiatan PKM atau Pengabdian Kepada Masyarakat merupakan salah satu dari kewajiban yang dibebankan kepada setiap dosen dalam melaksanakan salah satu TRIDARMA termasuk bagi dosen di Universitas Pamulang. Dimana kegiatan PKM ini dilaksanakan pada setiap semester. Kegiatan pengabdian telah dilaksanakan di Bina Qurani Islamic Boarding School, yang berlokasi di Kelurahan Situ Gede, Kec. Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat. Teknologi Kecerdasan Buatan di lingkungan sekolah menjadi hal yang semakin penting seiring dengan perkembangan teknologi dan penggunaan komputer serta internet dewasa ini termasuk salah satunya dalam bidang pendidikan. Beberapa yang menjadi latar belakang pentingnya kesadaran pemanfaatan Teknologi Kecerdasan Buatan Gen AI (Generative Artificial Intelligence) di sekolah yakni kecepatan dalam menghasilkan sebuah content yamng dapat meningkatkan personal branding siswa maupun sekolah, keterlibatan siswa dalam teknologi digital dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Metode pelaksanaan menjadi kunci penting dalam mengubah rencana menjadi realita. Ini adalah proses yang merinci langkah-langkah dan teknik yang diperlukan di lapangan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Metode pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Bina Qurani Islamic Boarding School dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu Tahap Pelaksanaan termasuk persiapan kegiatan (Survey kebutuhan, persiapan alat) dan Evaluasi penyelenggaraan. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adanya peningkatan skill dan kemampuan siswa dalam membuat content gambar dan video yang berkualitas maupun tulisan-tulisan text yang berkualitas, keaktifan dari siswa dalam mendalami teknologi kecerdasan buatan dapat menjadi bekal dalam pencapaian masa depan yang lebih gemilang. Luaran dari hasil kegiatan ini akan diterbitkan dalam jurnal pengabdian kepada masyarakat.
References
Bender, E. M.-M. (2021). On the dangers of stochastic parrots: Can language models be too big?. Proceedings of the ACM Conference on Fairness, Accountability, and Transparency.
Brown, T. M. (2020). Language models are few-shot learners. NeurIPS 2020.
Chen, M. T. (2021). Evaluating large language models trained on code. arXiv preprint arXiv:2107.03374.
Goodfellow, I. B. (2016). Deep learning. MIT Press.
Indonesia, M. o. (2023). Integrasi teknologi AI dalam pendidikan nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Johnson, A. (2022). Ethical considerations in AI-driven education. Educational Review, 74(5), 712-730.
Kaplan, J. M. (2020). Scaling laws for neural language models.
O'Reilly, U. M. (2022). Artificial intelligence in education: Promises and implications for teaching and learning. Cambridge University Press.
Papernot, N. M. (2018). SoK: Security and privacy in machine learning . Proceedings of the IEEE Symposium on Security and Privacy.
Zhang, H. &. (2023). Applications of generative AI in classroom learning and educational management. Journal of Educational Technology.