PENGENALAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI INDUSTRI 4.0 PADA TPQ CAHAYA KASIH

Authors

Abstract

Di zaman globalisasi seperti saat ini, perkembangan teknologi memudahkan manusia dalam berbagai bidang, termasuk dalam dunia pendidikan. Masalah dengan adanya teknologi anak bangsa jadi bermasalah. Mendapatkan informasi dan kegiatan yang merugikan dan tidak berfaedah. Ada banyak manfaat pemakaian teknologi dalam dunia pendidikan formal dan nonformal, Salah satu lembaga pendidikan nonformal adalah Taman Pendidikan Quran yang biasa disingkat dengan TPQ. TPQ merupakan sebuah lembaga atau kelompok masyarakat yang mengadakan pendidikan non formal agama Islam. TPQ Cahaya Kasih adalah salah satu TPQ yang berlokasi di Bojongsari Depok memiliki hingga 80 orang murid dan 3 orang yang hadir saat pelaksanaan PKM dari salah satu guru. TPQ sebagai salah satu lembaga pendidikan nonformal yang turut memanfaatkan teknologi di bidang pendidikan islam, sehingga dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat dosen di TPQ Cahaya Kasih yang berkaitan dengan pemakaian Teknologi 4.0 yang menyenangkan sesuai usia murid TPQ Cahaya Kasih yang berkisar antara 4-12 tahun. Kemajuan  Teknologi Industri 4.0 saat ini meliputi: Internet of Things (IoT), Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning, Big Data, Robotika dan Otomatisasi, Cloud Computing, Teknologi Blockchain, Virtual Reality(VR) dan Augmented Reality(AR), 5G, Percetakan 3D (3D Printing), Keamanan Siber (Cybersecurity). Banyak aplikasi Artificial Intelligence (AI) yang merupakan media pembelajaran agama islam bagi santri khususnya dan bagi masyarakat muslim pada umumnya. Dengan aplikasi para pengguna bisa belajar agama islam melalui fitur fitur aplikasi yang cukup lengkap dan menyenangkan untuk anak anak seperti Iqra, Rukun Islam, Pengetahuan dasar agama Islam.dan lain lain. Kemajuan teknologi dalam era Industri 4.0, atau Revolusi Industri Keempat, telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan dan sektor industri. Teknologi 4.0 bukanlah pengganti pengajaran atau interaksi sosial diruang ngaji melainkan pendukung yang dapat meningkatkan pengalaman belajar santri. Kegiatan PKM dilaksanakan pada tanggal 6-8 mei 2024. Sebelum tim pengabdian berangkat ke lokasi, kami memastikan kembali ketersediaan tempat dan waktu yang diberikan dengan cara menghubungi pihak TPQ, ini dilakukan agar kegiatan yang akan dengan baik serta lancar dan aman.. Hasil pengenalan ini peserta mempunyai perkembangan tekologi Industri 4.0 memantu para santri TPQ untuk berinovasi dan berkarya menghasilkan suatu manfaat edukasi sehingga peningkatan efisiensi, namun juga membawa tantangan baru terkait privasi, keamanan, dan perubahan dalam dunia pendidikan. Dan dalam menambah khasanah pembelajaran agama Islam untuk anak anak TPQ

Author Biographies

Jaka Sutresna, Universitas Pamulang

Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Pamulang

Fitri Yanti, Universitas Pamulang

Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika

Yolen Perdana Sari, Universitas Pamulang

Fakultas Ilmu Komputer, Program Studi Teknik Informatika

References

Agoeng, N. (2010). Teknologi Komunikasi. In Yogyakarta. Graha Ilmu halm (Issue I).

Batubara, H. H. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi. In Syria Studies (Issue 1).

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707

Kartikowati, E., & Zubaedi. (2020). Pola Pembelajaran 9 Pilar Karakter Pada Anak Usia Dini dan Dimensi-Dimensinya. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran Paud. In Procedia Earth and Planetary Science (Vol. 14).

Prasetyo, H., & Sutopo, W. (2018). INDUSTRI 4.0: TELAAH KLASIFIKASI ASPEK DAN ARAH PERKEMBANGAN RISET. J@ti Undip : Jurnal Teknik Industri, 13(1). https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26

Sutresna, J., Yanti, F., & Safitri, A. E. (2020). Media Pembelajaran Matematika Pada Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. JUSTIN : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 08(4), 424–429. https://doi.org/10.26418/justin.v8i4.

Downloads

Published

2025-02-01