SOSIALISASI APLIKASI GOOGLE FAMILY LINK SEBAGAI PARENTING CONTROL TOOL PADA ANAK DI RA/TK RIZQI PAMULANG

Authors

  • Khanif Faozi Universitas Pamulang
  • Dede Handayani
  • Dede Supiyan
  • Oke Hariansyah
  • Wiwin Winarti

Abstract

Begitu banyak kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan dalam penggunaan teknologi. Saat ini komunikasi dapat dilakukan dengan sangat nyata tanpa terhambat ruang dan waktu. Kini kehidupan sosial anak-anak lebih terpengaruh oleh teknologi. Lebih sering anak usia dini berinteraksi dengan gadget dan juga dunia maya mempengaruhi daya pikir anak terhadap sesuatu di luar hal tersebut. Namun kemajuan teknologi juga dapat membantu daya kreatifitas anak jika pemanfaatannya di imbangi dengan interaksi anak-anak dengan lingkungan sekitarnya. Sebaiknya orang tua mengawasi anak saat bermain gadget agar mereka tidak terlalu tergantung dengan gadget dan tetap bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Akan lebih baik jika dilakukan pengawasan. Untuk itulah Google menghadirkan alat bantu berupa aplikasi yang bernama Family Link. Melalui Family Link, dapat membuatkan akun Google untuk anak dan menetapkan peraturan-peraturan spesifik terkait apa saja yang bisa anak lakukan bersama gadget. Yang paling utama adalah memilih aplikasi apa saja yang dapat anak gunakan. Jadi ketika anak hendak mengunduh aplikasi dari Google Play Store diperangkatnya, orang tua akan menerima notifikasi, dan dari situ dapat memilih untuk mengizinkan atau tidak. Jika tidak mengizinkan maka anak tidak bisa mengaksesnya sama sekali. Dengan dilaksanakannya PKM membahas tentang Google Family Link, aplikasi berbasis smartphone yang digunakan sebagai alat bantu kontrol pengasuhan anak untuk membatasi jumlah waktu anak-anak menggunakan smartphone, memantau aktivitas internet dan menjaga keamanan dari situs yang tidak pantas, juga pentingnya memberi jadwal penggunaan gadget, juga tetapkan wilayah wilayah bebas gadget dan pentingnya menahan diri khususnya dalam menggunakan gadget.

References

Amalia, R., Hidayati, T., Rosyani, P., Ikasari, I., Handayani, I., Yunita, D., Purnaningsih, P., Sari, Y., Tassia, S., & Isnaeni, R. (2020). GOOGLE CLASSROOM as a Collaborative Tool for Academics in Online Learning. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2018.2294317

Asif, A. R., & Rahmadi, F. A. (2017). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget dengan Gangguan Emosi dan Perilaku Remaja Usia 11-12 Tahun. Jurnal Kedokteran Diponegoro

Lestari, I., Riana, A. W., & Taftazani, B. M. (2015). Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Nithy, T. (2015). Survey Tentang Smartphone & Tablet.

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai

Rosyid Ridho, Markhamah, & Darsinah. (2015). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di KB “Cerdas†Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Jurnal Penelitian Humaniora, 16(02), 59–69.

Witarsa, R., Hadi, R. S. M., Nurhananik, & Haerani, N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.

Published

2020-12-31