PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI ZIPGRADE SEBAGAI PENDUKUNG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP ISLAM RAUDLATUL HIKMAH
Abstract
Dalam setiap pembelajaran, pendidik harus berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang ia lakukan. Hasil yang dimaksud adalah baik, tidak baik, bermanfaat, atau tidak bermanfaat, dll. Pentingnya diketahui hasil ini karena ia dapat menjadi salah satu patron bagi pendidik untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran yang dia lakukan dapat mengembangkan potensi peserta didik. Artinya, apabila pembelajaran yang dilakukannya mencapai hasil yang baik, pendidik tentu dapat dikatakan berhasil dalam proses pembelajaran dan demikian pula sebaliknya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah melalui evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh pendidik ini dapat berupa evaluasi hasil belajar dan evaluasi pembelajaran. Dengan berkembangnya teknologi, hal ini bisa kita tidak lakukan, karena dengan android yang ada dalam genggaman kita, menilai hasil ulangan yang dikerjakan oleh siswa dalam bentuk pilihan ganda bisa kita lakukan dengan waktu yang sangat singkat dengan hasil yang sangat akurat dan lengkap. Kemungkinan untuk mengkoreksi siswa satu kelas dengan jumlah siswa kurang lebih 40 orang cukup dengan 5 menit saja hasil sudah bisa kita lihat bahkan kita cetak secara lengkap dan jelas. Zipgrade adalah sebuah aplikasi untuk penilaian berbentuk pilihan ganda dengan menggunakan android untuk menscan lembar jawab peserta penilaian. Jadi dengan aplikasi zipgrade ini seorang penilai tidak perlu lagi mcnggunakan alat scanner kusus seperti scantron ataupun yang lainnya. Dengan zipgrade ini peserta penilaian bisa langsung mendapatkan umpan balik dan dapat tahu hasil scor setelah selesai mengikuti penilaian.
Kata kunci: Pembelajaran; Aplikasi; Zipgrade; Android.
References
Amalia, R., Hidayati, T., Rosyani, P., Ikasari, I., Handayani, I., Yunita, D., Purnaningsih, P., Sari, Y., Tassia, S., & Isnaeni, R. (2020). GOOGLE CLASSROOM as a Collaborative Tool for Academics in Online Learning. https://doi.org/10.4108/eai.17-10-2018.2294317
Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Meedia Pembelajarandia Pembelajaran.
Bellotti, F. K.-G. (2013). Assessment in and of serious games: An overview. Advances in Human-Computer Interaction. .
Shiwidi, J. (2018). Menilai Hasil Belajar Cepat, Tepat dan Akurat dengan ZipGrade.
Sholeh M, S. (2016). Meningkatkan Peran Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Pembuatan Bahan Ajar dan Soal Ujian Online.
Sukardi. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. .