EDUKASI PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SARANA PENGELOLAAN SISTEM INFORMASI MASJID AL-MABRUR SERPONG TANGERANG SELATAN BERBASIS WEB

Authors

  • aa kurniawan Pamulang University
  • Nurfiqih Nurfiqih
  • Agus Wiranto
  • Rifky Novrian Kahar
  • Intan Kumalasari

Abstract

Pada saat ini informasi menjadi kebutuhan yang mendasar. Suatu informasi pada kenyataannya akan lebih efektif dan efisien dengan diterapkannya sistem informasi. Masjid Al-Mabrur adalah merupakan salah satu pusat ibadah umat Islam di wilayah Serpong Tangerang Selatan memiliki beberapa kegiatan rutin yang tidak hanya bergerak dalam bidang keagamaan melainkan juga dalam bidang sosial, pada saat ini Masjid Al-Mabrur Serpong dalam mengelola administrasi dan informasi masih menggunakan cara manual yaitu dengan memberikan informasi melalui papan pengumuman yang ada di masjid dan melalui pengumuman lewat speaker sehingga jangkauan informasi yang terbatas dan kurang maksimal. Oleh karena itu, pengabdian masyarakat ini menawarkan solusi dengan memberikan edukasi mengenai pemanfaatan internet sebagai sarana pengelolaan sistem informasi masjid. Sehingga diharapkan kedepannya pengurus masjid bisa mengelola, mengevaluasi dan mengembangkan kegiatan keagamaan serta memberi informasi secara efektif dan efisien kepada mastarakat luas.

References

Agustiandra, V., & Sabandi, A. (2019). Persepsi Guru Terhadap Penerapan Sistem Informasi Manajemen Akademik Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Padang. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(1), 1-8. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jurnal/article/view/154

Buana, C., Susanto, T., & Suhandiah, S. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Informasi Kegiatan Masjid Berbasis Web Pada Masjid Tanwir Surabaya. Jurnal Sistem Informasi & Komputer Akuntansi, 5(7).

Departemen Agama, Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam Proyek Bimbingan dan Dakwah Agama Islam Pusat. Pola Pembinaan Kegiatan Kemasjidan dan Profil Masjid, Mushala dan langgar. Jakarta, 2003 . Hal 2.

Iwan, A., & Herdiana, D.(2018). Optimalisasi Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid, 12 (April), 82-98. https://doi.org/10.15575/idajhs.v12i.2

Latidah N. 2017. Perancangan Aplikasi Pengelolaan Kas Masjid. J. DISPROTEK 8:22-25.

Muharam, A. (2018). 5 Keunggulan Aplikasi Web. Retrived February 11, 2019, from https://techarea.co.id/keuntungan-aplikasi-mobile-dari-website/

Novryaldy, Alldy & Setiadi, Tedi. Perancangan Sistem Informasi Profil Masjid Berbasis Website. Jurnal Ilmiah teknologi Informasi terapan, Vol IV, No 3.

Suherman, E. (2012). Manajemen Masjid Kiat Sukses Meningkatkan Kualitas SDM Melalui Optimalisasi Kegiatan Umat Berbasis Pendidikan Berkualitas Unggul. Bandung: Alfabeta.

Syaifullah, Priyanto, H., & Irwansyah. M. A. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Masjid, Pant asuhan, dan Pesantren Berbasis Web. Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 1(1), 5.

Qadarudin, M., Nurkidam, A., & Firman. (2016). Peran Dakwah Masjid dalam Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat, 10(2),222-239.

Hermanto,Bambang, Machudor Y, Nagara.(2019).Sistem Informasi Manajemen Keuangan Pada PT. Hulu Balang Mandiri Menggunakan Framework Laravel.Jurnal Komputasi, Vol 7 No. 1, 2019.

Yunaeti, Elisabet A, Rita Irviani.(2017).Pengantar Sistem Informasi.CV Andi Offset:Yogyakarta.

Published

2021-05-08