ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK ROTI MELALUI KARTU KENDALI PROPORSI (Studi Kasus: CV. Spesial Bakery)

Authors

  • Aden Aden Universitas Pamulang
  • Tabah Heri Setiawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v1i1.2371

Abstract

Kartu kendali merupakan alat untuk mengendalian kualitas sebuah produk industri. Kartu kerdali yang digunakan pada penelitian ini yaitu kartu kendali proporsi. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui bentuk kartu kendali proporsi yang terkendali data produksi roti. (2) Mengetahui bentuk persentase kecacatan dominan yang terjadi dari produksi roti. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data diambil dari hasil survei. Analisis data dilakukan dengan mengunakan 4 (empat) tahapan yaitu pengumpulan data, analisis data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu kartu kendali yang terkendali terdapat 6 kartu kendali sesuai dengan jumlah produk yang diproduksi dan kecacatan dominan yang terjadi pada produksi yaitu pada kecacatan produksi roti isi mocca dengan persentase 26,84%

Author Biographies

Aden Aden, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, FMIPA – UNPAM

Tabah Heri Setiawan, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika, FMIPA – UNPAM

References

Idris, Iswandi, dkk. “Pengendalian Kualitas Tempe dengan Metode Seven Toolsâ€. Jurnal Teknovasi. Volume 03, No.1, http://ejournal.plm.ac.id/index.php/Teknovasi/article/view/80/69, 3 July 2018

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Taksiti: Bandung.

Sugiyono. 2012. Statistik untuk Penelitian. Alfabetha: Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitastif dan R&D. Alfabetha: Bandung.

Supangat, Andi. 2007. Statistika dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Kencana : Jakarta.

Nasution, Nur. 2014. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Ghalia Indonesia: Bogor.

Prihartono, Rudy. 2012. Konsep Pengendalian Mutu. PT Remaja Rosdakarya: Bandung

Downloads

Published

2019-02-26

Issue

Section

Articles