FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS FAKTOR
DOI:
https://doi.org/10.32493/sm.v1i2.2943Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui proses reduksi pada Toserba Sabar Subur Cikupa Tangerang. Dalam penelitian ini digunakan metode Analisis Faktor dengan teknik Principal Component Analysis dengan menggunakan software SPSS 22. Berdasarkan hasil dari penelitian analisis faktor ini, diperoleh tiga faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen yaitu faktor yang pertama (F6) dengan nilai korelasi 0,661 dengan variabel X2.2 (0,897), X5.5 (0,912), faktor yang ke dua (F4) dengan nilai korelasi 0,164 dengan variabel X1.2 (0,861), X1.3 (0,753), X2.4 (0,864), X4.4 (0,730), dan faktor yang ke tiga (F1) dengan nilai korelasi 0,152 dengan variabel X2.3 (0,940), X3.1 (0,836), X4.5 (0,929) , X5.3 (0,931), faktor yang ke empat (F2) dengan nilai korelasi -0,288 dengan variabel X1.5 (0,745), X2.5 (0,788), X3.2 (0,621), X4.1 (0,488) X5.1 (0,771), X5.2 (0,843), faktor yang ke lima (F5) dengan nilai korelasi -0,315 dengan variabel X1.1 (0,734), X3.3 (0,761), X3.5 (0,809), X4.2 (0,829), faktor yang ke enam (F3) dengan nilai korelasi -0,783 dengan variabel X1.4 (0,605), X2.1 (0,921), X3.4 (0,884), X4.3 (0,572) X5.4 (0,906). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor F1, F2, F3, F4, F5 dan F6 mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toserba Sabar Subur Cikupa Tangerang
References
Gunawan, Imam. 2016. Pengantar Statistik Inferensial. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler P. dan Keller Kevin Lane, 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset dan Perilaku Konsumen. Cet.1. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang : Universitas Diponegoro.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Supranto, J. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Jakarta : Rineka Cipta
Widarjono, Agus. 2015. Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.
Sudarno, etal. 2011. â€Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengendalian Kualitas Jasa Berdasarkan Persepsi Pengunjungâ€. Jurnal Media Statistik, Vol 4, No. 1, Mei 2015:33-34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
As an Author, you have the right to a variety of uses for your article, including institutions or companies. The author's rights might do without the need for special permission.
Authors who publish in the Jurnal Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat) have broad rights to use their works for education and scientific purposes without permission, including:
Used to discuss in a class by the author or the author's body and presentations at meetings or conferences and participant approval;
Used for internal training by the author's company;
Distribution to colleagues for the use of their research;
Used in preparation for further author's works;
Included in a thesis or dissertation;
Partial or extra reuse of articles in other works (with full acknowledgment of the last item);
Prepare derivatives (other than for commercial purposes);
Post voluntarily on a website opened by the author or approve the author for scientific purposes (follow CC with a SA License).