FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MENGGUNAKAN METODE ANALISIS FAKTOR

Authors

  • Murta Murta Universitas pamulang
  • Tabah Heri Setiawan Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/sm.v1i2.2943

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen melalui proses reduksi pada Toserba Sabar Subur Cikupa Tangerang. Dalam penelitian ini digunakan metode Analisis Faktor dengan teknik Principal Component Analysis dengan menggunakan software SPSS 22. Berdasarkan hasil dari penelitian analisis faktor ini, diperoleh tiga faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen yaitu faktor yang pertama (F6) dengan nilai korelasi 0,661 dengan variabel X2.2 (0,897), X5.5 (0,912), faktor yang ke dua (F4) dengan nilai korelasi 0,164 dengan variabel X1.2 (0,861), X1.3 (0,753), X2.4 (0,864), X4.4 (0,730), dan faktor yang ke tiga (F1) dengan nilai korelasi 0,152 dengan variabel X2.3 (0,940), X3.1 (0,836), X4.5 (0,929) , X5.3 (0,931), faktor yang ke empat (F2) dengan nilai korelasi -0,288 dengan variabel X1.5 (0,745), X2.5 (0,788), X3.2 (0,621), X4.1 (0,488) X5.1 (0,771), X5.2 (0,843), faktor yang ke lima (F5) dengan nilai korelasi -0,315 dengan variabel X1.1 (0,734), X3.3 (0,761), X3.5 (0,809), X4.2 (0,829), faktor yang ke enam (F3) dengan nilai korelasi -0,783 dengan variabel X1.4 (0,605), X2.1 (0,921), X3.4 (0,884), X4.3 (0,572) X5.4 (0,906). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor F1, F2, F3, F4, F5 dan F6 mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Toserba Sabar Subur Cikupa Tangerang

Author Biographies

Murta Murta, Universitas pamulang

Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pamulang

Tabah Heri Setiawan, Universitas Pamulang

Program Studi Matematika FMIPA Universitas Pamulang

References

Gunawan, Imam. 2016. Pengantar Statistik Inferensial. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler P. dan Keller Kevin Lane, 2018. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas, Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Sunyoto, Danang. 2014. Konsep Dasar Riset dan Perilaku Konsumen. Cet.1. Yogyakarta : Center for Academic Publishing Service.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang : Universitas Diponegoro.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan :Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan RnD. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Supranto, J. 2010. Analisis Multivariat Arti dan Interpretasi. Jakarta : Rineka Cipta

Widarjono, Agus. 2015. Analisis Multivariat Terapan. Yogyakarta : UPP STIM YKPN.

Sudarno, etal. 2011. â€Analisis Kualitas Pelayanan dan Pengendalian Kualitas Jasa Berdasarkan Persepsi Pengunjungâ€. Jurnal Media Statistik, Vol 4, No. 1, Mei 2015:33-34.

Downloads

Published

2019-08-06

Issue

Section

Articles