Analisa Marketing Mix Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita (Studi pada Konsumen Online Shop di Kota Bima)

Authors

  • Nurasyiah Nurasyiah Program Studi Manajemen, STIE, Bima, Nusa Tenggara Barat,Indonesia
  • Herry Nurdin Program Studi Manajemen, STIE, Bima, Nusa Tenggara Barat,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.10946

Keywords:

Produk, Harga, Promosi, Lingkungan Sosial, Keputusan Pembelian

Abstract

Perilaku pelanggan online shop merupakan hal yang masih menarik untuk diteliti. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi dan lingkungan sosial terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita di Kota Bima. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode asosiatif. Populasi pada pnelitian ini yaitu konsumen yang melakukan pembelian online dengan menggunakan rumus Unknown Populations, maka jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 100 orang. Teknik sampel yang digunakan yaitu Accidental Sampling. Instrumen penelitian yaitu kuisioner yang telah diuji validitas dan uji reliabilitasnya. Data dianalisis dengan menggunakan asumsi klasik, persamaan regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2 ), uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabeel produk berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita di Kota Bima. Variabel Harga, Promosi dan Lingkungan Sosial secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita di Kota Bima. Produk, Harga, Promosi dan Lingkungan sosial secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online pakaian wanita di Kota Bima dengan nilai sig 0,000 (0,000<24.037). Hal ini menunjukkan bahwa apabila onlineshop memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau serta melakukan promosi yang menarik minat pembeli, maka akan semakin meningkat keputusan konsumen melakukan pembelian online.

 

Kata Kunci: Produk, Harga; Promosi; Lingkungan Sosial; Keputusan Pembelian

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri.2016.Manajemen Pemasaran.Jakarta: Rajawali Pers.

Anwar, Prabu Mangkunegara. 2012. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Bandung: Refika Aditama

Budanti, Hartiyani Sadu, Mintasih Indriayu dan M.Sabandi.2017.Pengaruh Lingkungan Sosial Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Program Pendidikan Ekonomi FKIP UNS, Jurnal Ekonomi Manajemen .

Buchari Alma, 2011, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,. Alfabeta, Bandung

Febriana, Merry Bella, Edy Yulianto dan Sunarti. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Kepada Konsumen Sepatu Merek Converse di Kota Malang. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol.32 No.2.

Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gusrita, Desy. 2019 Pengaruh Marketing Mix dan Lingkungan Sosial terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita di Kota Padang. Fakultas Ekonomi. Jurnal Erogen Vo. 1 No. 4.

Indriyo Gitosudarmo, 2012, Manajemen Pemasaran, Yogyakarta, BPFEYogyakarta

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Marketing Management. New Jersey: Prentice.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, 2014, Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat

Malau Herman, 2017. Manajemen Pemasaran. Alfabeta, Bandung

Marendra, I Gede.2018. Pengaruh Bauran Pemasaran (Produk, Harga, Lokasi, dan Promosi) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Minimarket (Alfamart atau Indomaret) (Studi Kasus di Unuversitas Pamulang. .Jurnal Pemasaran Kompetitif.Vol.1 No.3.

Peter dan Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat

Pertiwi, Marina Intan, Edy Yulianto dan Sunarti.2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Konsumen Baker’s King Donuts & Coffee di MX Mall Malang. Jurnal Administrasi Bisnis.Vol.37 No.1.

Sekaran, U. dan Bougie, R. 2013. Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Sixth Edition. New York: Wiley

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syahrial, Yusroni Akhmad.2015.Analisis Pengaruh Produk,Harga,Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada UD. Aneka Karya Glass di Surakarta.Unpublished Dissertation.Surakarta: UM.

Tan, Erwin Rediono.2011. Pengaruh Faktor Harga, Promosi dan Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Belanja di Alfamart Surabaya. .Jurnal Kewirausahaan Vol.5 No.2.

Tjahjono, Amelia, Hatane Semuel Ritzky Karina M. R. Brahmana.2013. Analisis Marketing Mix, lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. .Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.Vol.1 No.2.

Utami, Hesty Nurul dan Iqbal F.A.F.2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Perilaku Online Shopping:Perspektif Pemasaran Agribisnis. Jurnal Ecodemika.Vol.2 No1.

Downloads

Published

2021-07-30

How to Cite

Nurasyiah, N., & Nurdin, H. (2021). Analisa Marketing Mix Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita (Studi pada Konsumen Online Shop di Kota Bima). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 327–341. https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.10946

Similar Articles

<< < 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.