Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Cafe Belly Buddy

Authors

  • Almas Dhafin Umara Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur
  • Budi Prabowo Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.11506

Keywords:

Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT

Abstract

Strategi Pemasaran merupakan aspek penting yang menunjang keberhasilan suatu usaha untuk dapat menembus pasar, dari beberapa strategi yang diterapkan, strategi pemasaran merupakan salah satu kunci untuk menaklukan persaingan dengan beberapa pesaing, Tujuan peneliti melakukan penelitian ialah untuk mengetahui strategi pemasaran yang  digunakan oleh Cafe Belly Buddy Surabaya dalam meningkatkan Volume penjualannya. Metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode   deskriptif yang merupakan bagian dari analisis kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data secara observasi, dokumentasi dan wawancara mendalam yang berkaitan dengan strategi branding produk berdasarkan dengan menggunakan bauran pemasaran 7P yaitu Product, Place, Price, Promotion, Process, Physical Evidence, People yang digunakan oleh peneliti dalam menemukan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan metode SWOT. Hasil dari penelitian ini Dengan melalui analisis IFAS (Internal Strategy Factor Analisis Sumarry) dan EFAS (Eksternal Strategy Factor Analisis Sumarry) dapat diketahui bahwa Cafe Belly Buddy memiliki skor dari faktor internal yaitu, kekuatan sebesar 2,22 dan kelemahan memiliki skor 1,20, sedangkan dari faktor eksternal memiliki skor peluang 1,45 dan skor ancaman 1,49. . Pilihan strategi adalah SO, sehingga pada diagram SWOT terletak di kuadran 2, yaitu walaupun terdapat berbagai ancaman, perusahaan ini masih memiliki kekuatan dari segi internal, strategi yang harus digunakan adalah dengan menggunakan kekuatan yang memanfaatkan peluang jangka panjang menggunakan strategi diverkasi (produk dan pasar)

 

Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Bauran Pemasaran; Analisis SWOT

References

Diatprasojo, Lantip.2018.Manajemen Strategi.Yogyakarta:UNY Press

Herlyana, Elly. 2012. Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. Program Studi Sejarah dan Kebudayaan Islam. Fakultas Adab dan Ilmu Budaya. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2016. Marketing Management, 15th Edition. England: Pearson Education, INC

Rangkuti, Freddy. 2017.Analisis SWOT, Cetakan keduapuluh.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Pasaribu, Rowland Bismark Fernando. 2015. Manajemen Strategi, Universitas Gunadarma Jakarta

Swasta, Basu, 2010. Azas-asas Marketing Edisi 3. Yogyakarta: Akademi Keuangan.

Tjiptono,Fandy. 2015.Strategi Pemasaran.Yogyakarta: CV.Andi Offse

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, cetakan ke-25. Bandung: Alfabeta,c

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, cv

Downloads

Published

2021-09-28

How to Cite

Umara, A. D., & Prabowo, B. (2021). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Cafe Belly Buddy. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(5), 401–409. https://doi.org/10.32493/drb.v4i5.11506

Similar Articles

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.