Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Aisy Cabang Bima

Authors

  • Salam Maulana STIE Bima
  • Muhajirin Muhajirin STIE Bima

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.11678

Keywords:

Service Quality, Satisfaction

Abstract

Pesaing yang dihadapi Cabang Aisy Bima tidak hanya dari perusahaan yang memiliki pelayanan yang sama, tetapi juga dari perusahaan yang memiliki produk berkualitas untuk tujuan kepuasan pelanggan. Menyadari hal tersebut, tampak betapa pentingnya memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan untuk mencapai keberhasilan pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Cabang Aisy Bima. Populasi adalah masyarakat Kota Bima yang pernah membeli di Aisy Cabang Bima dengan sampel sebanyak 100 responden dan aplikasi SPSS 21. Jenis data yang digunakan lebih banyak data primer dengan teknik pengumpulan, observasi, dan angket. sedangkan data sekunder berupa data buku dan artikel atau referensi. Analisis penelitian menggunakan analisis regresi sederhana dan uji t untuk menguji tingkat signifikansinya. Jika dibandingkan nilai ttabel dengan thitung , maka thitung lebih besar dari ttabel (13,016 > 1,66055), sehingga masuk ke dalam daerah penolakan H0 yang berarti Ha diterima.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan; Kepuasan

References

Ahmad Khusaini, (2016) “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Spa Club Arena Yogyakarta., Universitas Negeri Yogyakarta.

Darwin, Steven Dan Yohanes Sondang Kunto, 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Dan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Asuransi Jiwa Manulife Indonesia-Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 2, No. 1:1-12.

Garvin, D. A. Dan Lovelock. 2004. Strategi Marketing. Yogyakarta: Andi

Nasution, M.N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Jakarta: Pt Ghalia Indonesia.

Purnomo Edwin Setyo, 2017.†Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “Best Autoworksâ€. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 6, Februari 2017: 755 – 764

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi (Mixed Methods)., Bandung: Alfabeta

Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Cetakan Kedua, Bandung: Alfabeta

Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Lovelock, C, Dan John Wirtz, 2011. “Pemasaran Jasa Perspektif Edisi 7â€. Jakarta : Erlangga.

Supardi Nani, Se., M.Si Dan Tineke Wolok, St., Mm, 2014 “ Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt. Bank Sinarmas. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo

Tjiptono, F. Dan Chandra, G. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi

Wulan Siti Aisah, 2016 “ Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pdam Tirta Pakuan Kota Bogorâ€.

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Maulana, S., & Muhajirin, M. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Aisy Cabang Bima. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(4), 372–379. https://doi.org/10.32493/drb.v4i4.11678

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.