Analisa Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain In Customer Value (PGCV) (Studi Pada Burger Garage Pandaan)

Authors

  • Dimas Maulana Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Lisa Sulistyawati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v4i6.14527

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Importance Performances Analysis (IPA), Potential Gain In Customer Value (PGCV)

Abstract

Kepuasan konsumen sangat penting bagi sebuah bisnis, karena dapat menciptakan komitmen dan loyalitas terhadap suatu produk. Konsumen akan membeli secara berulang, karena sudah tercipta kepercayaan dan pelayanan yang baik. Kualitas pelayanan yang baik akan meningkatkan mutu dari suatu perusahaan di mata konsumen. Apabila kualitas yang diberikan sudah sesuai dengan keinginan dan harapan pelanggan maka hal ini akan menambah tingkat kepuasan pelanggan terhadap suatu produk. Analisis kualitas pelayanan ini dilakukan dengan menggunakan dua metode yaitu metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain in Costumer Value (PGCV). Terdapat lima dimensi dalam kualitas pelayanan yang dianalisis meliputi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible. Dari dua puluh atribut yang ditanyakan kepada konsumen Burger Garage Pandaan, terdapat dua atribut yang membutuhkan perhatian lebih, sehingga menjadi prioritas perbaikan. Atribut pertama yaitu area parkir yang luas dan mudah, sedangkan atribut yang kedua yaitu ketepatan waktu pesanan tiba.

 

Keywords:  Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen; Importance Performances Analysis; Potential Gain In Customer Value

References

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta: Bandung

Hasan, Ali. 2013. Marketing. Media Press Dinda: Yogyakarta

Kotler, Philip. 2016. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi 13. Jakarta : Erlangga.

Kotler dan Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Lubis, Alfi Syahri dan Nur Rahmad Andayani. 2017 “Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batamâ€, dalam Journal of Business Administration Vol 1, No 2

Lupiyoadi, R., & Hamdani, A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Penerbit CV Alfabeta.

Nasution, M. N. 2004. Manajemen Mutu Terpadu. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Putra, Arli Praja. 2017 “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Danau Beringin Di Prabumulihâ€. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya

Rismiati, E Catur dan Ig. Bondan Suratno. 2006. Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta : Penerbit Kanisius

Sanjaya, Febrian. 2018. “Analisis Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Waroeng Spesial Sambal (Ss) Cabang Babarsari Depok Slemanâ€. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Sri Dewi, Rina 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Suracojaya Abadi Motor Cabang Batua Raya Makassar.†Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. CV Andi Offset: Yogyakarta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Yansah ,Riyan Afri, Budi Hartono & MB. Hariyono. 2013.“Analisis Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Sop Ayam Pak Min Klaten di Malang†Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Maulana, D., & Sulistyawati, L. (2021). Analisa Peningkatan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) dan Potential Gain In Customer Value (PGCV) (Studi Pada Burger Garage Pandaan). Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(6), 511–519. https://doi.org/10.32493/drb.v4i6.14527

Similar Articles

<< < 11 12 13 14 15 16 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.