Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Honda Scoopy di PT. Tunasjaya Motor Magelang
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i2.19043Keywords:
Marketing strategy, honda scoopy, , SWOT Analysis, PT Tunasjaya Motor MagelangAbstract
PT Tunasjaya Motor Magelang merupakan dealer resmi sepeda motor merek honda dengan penjualan tertinggi dipegang oleh segmen sepeda motor matic. Salah satunya adalah Honda Scoopy namun dibandingkan penjualan honda beat masih terbilang rendah walaupun pangsa pasar kedua motor tersebut hampir sama. Maka diperlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan pangsa pasarnya dengan memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki Honda Scoopy serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan bantuan metode analisis SWOT, yang bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai total matriks ifas adalah 3,40 sedangkan nilai total matriks EFAS adalah 2,65. Dari strategi swot matrix yang dapat diterapkan untuk meningkatkan volume pemasaran dan penjualan honda scoopy dengan SO adalah dengan memperkenalkan keunggulan shoopy serta menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu, strategi WT adalah memperbaiki tampilan fasilitas pemasaran media sosial dan meningkatkan kualitas layanan.
Keywords: Strategi pemasaran; honda scoopy; Analisis SWOT; PT Tunasjaya Magelang
References
Afrilita, Nur. 2013. “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda.†Journal Adminsitrasi Bisnis 1(1): 56–70. https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=608.
Anas, Fadilah. 2017. “Marketing Strategy Through Swot Analysis On Dealer Honda Prima.†(207).
APRIANTI, EVI. 2017. “Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda (Studi Pada Pt. Pasific Motor 1 Cikarang).†Skripsi.
Arieffianto, Respati. 2015. “Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Ahass Honda Daya Motor Surabaya.†4. https://docplayer.info/33729761-Analisis-swot-dalam-menentukan-strategi-pemasaran-pada-ahass-honda-daya-motor-surabaya-respati-arieffianto.html.
Kotler, and Philip and Gary Armstrong. 2013. “Prinsip-Prinsip Pemasaran.†: 149.
Muslim. 2021. “Kenali 5 Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa.†bmspeed7.com. https://bmspeed7.com/generasi-honda-scoopy-dari-masa-ke-masa/.
Noor, Syamsudin. 2014. “Penerapan Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang.†Jurnal INTEKNA 14(2): 102–209.
Prastiyo, Agung, Aziz Fathoni, and Djamaludin Malik. 2018. “Strategi Pemasaran Produk Jahe Merah Melalui Analisis Swot Pada Perusahaan Ud. Barokah Ungaran.†Jurnal of Management 02(02): 1–11.
Prawitasari. 2019. “Dan Pameran Sehingga PT. Bintang Motor Semakin Diyakini Dan Dikenal Masyarakat.†: 70–78.
Rahmayati. 2015. “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara.†Jurnal Galung Tropika 4(1): 60–67. https://jurnalpertanianumpar.com/index.php/jgt/article/view/28.
Rompas, C A, V P K Lengkong, and M M Karuntu. 2017. “Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Pada Pt. Astra International Tbk. Daihatsu Cabang Martadinata Manado Analysis Of Marketing Mix Effect On Purchase Decision Ayla Daihatsu Car On Pt.Astra International Tbk.Daihatsu .†Analisis Bauran… 4505 Jurnal EMBA 5(3): 4505–14.
Setyorini, Hany, and Imam Santoso. 2016. “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT Dan QSPM ( Studi Kasus : Restoran WS Soekarno Hatta Malang ) Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM ( Case Study : WS Restaurant Soekarno Hatta Malang ).†5(1): 46–53.
Trisyuliono, Muslimin. 2021. “Segini Penjualan Motor Honda Sepanjang Tahun 2020, Tebak Tipe Apa Yang Terlaris?†www.gridoto.com. https://www.gridoto.com/read/222514115/segini-penjualan-motor-honda-sepanjang-tahun-2020-tebak-tipe-apa-yang-terlaris (March 29, 2021).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.