Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Honda Scoopy di PT. Tunasjaya Motor Magelang

Authors

  • Devi Saputri Arfuansyah Universitas Tidar
  • Andhatu Achsa Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i2.19043

Keywords:

Marketing strategy, honda scoopy, , SWOT Analysis, PT Tunasjaya Motor Magelang

Abstract

PT Tunasjaya Motor Magelang merupakan dealer resmi sepeda motor merek honda dengan penjualan tertinggi dipegang oleh segmen sepeda motor matic. Salah satunya adalah Honda Scoopy namun dibandingkan penjualan honda beat masih terbilang rendah walaupun pangsa pasar kedua motor tersebut hampir sama. Maka diperlukan strategi pemasaran untuk meningkatkan pangsa pasarnya dengan memaksimalkan kekuatan dan peluang yang dimiliki Honda Scoopy serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan bantuan metode analisis SWOT, yang bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai total matriks ifas adalah 3,40 sedangkan nilai total matriks EFAS adalah 2,65. Dari strategi swot matrix yang dapat diterapkan untuk meningkatkan volume pemasaran dan penjualan honda scoopy dengan SO adalah dengan memperkenalkan keunggulan shoopy serta menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu, strategi WT adalah memperbaiki tampilan fasilitas pemasaran media sosial dan meningkatkan kualitas layanan.

 

Keywords:  Strategi pemasaran; honda scoopy; Analisis SWOT; PT Tunasjaya Magelang

References

Afrilita, Nur. 2013. “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Pada PT. Samekarindo Indah Di Samarinda.†Journal Adminsitrasi Bisnis 1(1): 56–70. https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/site/?p=608.

Anas, Fadilah. 2017. “Marketing Strategy Through Swot Analysis On Dealer Honda Prima.†(207).

APRIANTI, EVI. 2017. “Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda (Studi Pada Pt. Pasific Motor 1 Cikarang).†Skripsi.

Arieffianto, Respati. 2015. “Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Ahass Honda Daya Motor Surabaya.†4. https://docplayer.info/33729761-Analisis-swot-dalam-menentukan-strategi-pemasaran-pada-ahass-honda-daya-motor-surabaya-respati-arieffianto.html.

Kotler, and Philip and Gary Armstrong. 2013. “Prinsip-Prinsip Pemasaran.†: 149.

Muslim. 2021. “Kenali 5 Generasi Honda Scoopy Dari Masa Ke Masa.†bmspeed7.com. https://bmspeed7.com/generasi-honda-scoopy-dari-masa-ke-masa/.

Noor, Syamsudin. 2014. “Penerapan Analisis Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang.†Jurnal INTEKNA 14(2): 102–209.

Prastiyo, Agung, Aziz Fathoni, and Djamaludin Malik. 2018. “Strategi Pemasaran Produk Jahe Merah Melalui Analisis Swot Pada Perusahaan Ud. Barokah Ungaran.†Jurnal of Management 02(02): 1–11.

Prawitasari. 2019. “Dan Pameran Sehingga PT. Bintang Motor Semakin Diyakini Dan Dikenal Masyarakat.†: 70–78.

Rahmayati. 2015. “Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan, Kalimantan Utara.†Jurnal Galung Tropika 4(1): 60–67. https://jurnalpertanianumpar.com/index.php/jgt/article/view/28.

Rompas, C A, V P K Lengkong, and M M Karuntu. 2017. “Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Ayla Pada Pt. Astra International Tbk. Daihatsu Cabang Martadinata Manado Analysis Of Marketing Mix Effect On Purchase Decision Ayla Daihatsu Car On Pt.Astra International Tbk.Daihatsu .†Analisis Bauran… 4505 Jurnal EMBA 5(3): 4505–14.

Setyorini, Hany, and Imam Santoso. 2016. “Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT Dan QSPM ( Studi Kasus : Restoran WS Soekarno Hatta Malang ) Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM ( Case Study : WS Restaurant Soekarno Hatta Malang ).†5(1): 46–53.

Trisyuliono, Muslimin. 2021. “Segini Penjualan Motor Honda Sepanjang Tahun 2020, Tebak Tipe Apa Yang Terlaris?†www.gridoto.com. https://www.gridoto.com/read/222514115/segini-penjualan-motor-honda-sepanjang-tahun-2020-tebak-tipe-apa-yang-terlaris (March 29, 2021).

Downloads

Published

2022-03-27

How to Cite

Arfuansyah, D. S., & Achsa, A. (2022). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Honda Scoopy di PT. Tunasjaya Motor Magelang. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(2), 115–122. https://doi.org/10.32493/drb.v5i2.19043

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.