Efektivitas Chatbot Sebagai Media Komunikasi Bisnis Antara Penjual dan Pembeli Pada MarketPlace

Authors

  • Alfina Fitriani Fakultas Ekonomi, STIE Stembi
  • Dani Sulaeman Fakultas Ekonomi, STIE Stembi
  • Ricky Firmansyah Universitas Ars

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.19499

Keywords:

Bisnis, Komunikasi, Marketplace

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektivitasnya chatbot pada marketplace. Proses bisnis dilakukan melaui media teknologi informasi dan internet dikenal dengan e-commerce. Hal ini menimbukan terciptanya suatu pasar elektronik yang dikenal dengan sebutan marketplace. Marketplace merupakan solusi yang tercipta dari pesatnya perkembagan teknologi informasi dan internet yang menggempur industri perdagangan melalui online store atau offline store. Marketplace mempermudah para usaha kecil dan menengah tersebut dalam melakukan promosi barang bahkan operasional. Barang di marketplace banyak para pembeli bisa memilih dengan bebas. Selain itu marketplace online pun sekarang menjadi sangat penting bagi suatu usaha yang sangat menguntungkan terutama di aplikasi yang sudah diberikan kepada para penjual dan para penjual bisa menjualnya secara online melalui aplikasi yang ada dan para calon pembeli pun sangat mudah menggunakannya karena dapat diakses dimana pun dan kapanpun. Para pengusaha wajib memanfaatkan tekhnologi pesat ini agar semua orang dapat terpenuhi kebutuhannya, menguntungkan para penjual dan para pembeli agar dapat keuntungan atau hasil yang besar dan sekaligus memperkenalkan poduk penjual semakin luas dan dikenal banyak orang. Hal ini berdampak sangat bagi suatu perusahaan maupun para konsumen atau pembeli sehingga hal ini sangat didukung oleh semua orang.

References

Agus, S. (2020). Chat Bot Sebagai Implementasi Pemanfaatan. Artikel Ilmiah, 108.

Eka, L. A., & Dimas, W. W. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 137.

Ningtyas, S. (2020, April 15). Mengenal Chatbot: Robot Virtual Yang Penting Untuk Bisnis Digital. Diambil Kembali Dari Niagahoster: Https://Www.Niagahoster.Co.Id/Blog/Chatbot-Adalah/

Yenny, Y. (2019, July 18). Chatbot Membantu Mempercepat Proses Tanya Jawab Secara Otomatis. Diambil Kembali Dari Dailysocial: Https://Dailysocial.Id/Post/Chatbot-Kemudahan-Bisnis-Online

Yustiani, R. (2017, October 6). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Diambil Kembali Dari Komputa Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/339355785_Peran_Marketplace_Sebagai_Alternatif_Bisnis_Di_Era_Teknologi_Informasi

Yuvalianda. (2020, October 29). Penelitian Kuantitatif: Definisi Hingga Contoh Lengkap. Diambil Kembali Dari Blog Yupa: Https://Yuvalianda.Com/Penelitian-Kuantitatif/

Zaenudin, A. (2017, Desember 13). Chatbot, Robot Yang Bikin Rusak Pekerjaan Customer Service. Diambil Kembali Dari Tirto.Id: Https://Tirto.Id/Chatbot-Robot-Yang-Bikin-Rusak-Pekerjaan-Customer-Service-Cbbm

Downloads

Published

2022-05-25

How to Cite

Fitriani, A., Sulaeman, D., & Firmansyah, R. (2022). Efektivitas Chatbot Sebagai Media Komunikasi Bisnis Antara Penjual dan Pembeli Pada MarketPlace. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(3), 189–196. https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.19499

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.