Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk Nadjani Indonesia

Authors

  • Ade Ridwan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Juhaeri Juhaeri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.35908

Keywords:

Strategi Pemasaran, Penjualan, Matriks IE, SWOT, Matriks QSPM

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui serta menganalisis kondisi dan menentukan strategi pemasaran yang lebih tepat digunakan oleh Nadjani Indoneisa agar dapat meningkatkan penjualannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data primer dan sekunder diperoleh dengan teknik pengumpulan data observasi partisipasif, wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD) serta dokumentasi. Analisis menggunakan matrik IFE, EFE, matrik IE, analisis SWOT dan QSPM. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi strategi pemasaran dengan analisis matrik IE berada pada posisi kuadran 1 yaitu Tumbuh dan Membangun dengan titik temu IFE 3,03 dan EFE 3,14. Berdasarkan analisis QSPM, strategi prioritas yang baiknya digunakan yaitu merekrut tim marketing kreatif dalam membuat konten promosi menarik untuk meningkatkan engagement konsumen.

References

Assauri, S. (2020). Manajemen Pemasaran (14th ed). Depok: PT RajaGrafindo Persada.

David,Fred R. (2013), Strategic Management, Edisi Ke-14, Global Edition, United States : Person Education.

Elida, Tety., & Ari Raharjo. (2019), Pemasaran Digital. Bogor, PT Penerbit IPB Press.

Mardia, M. dkk. (2021). Strategi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.

Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Edisi keempat. Jakarta: Salemba Empat.

Sedarmayanti. (2014). Manajemen Strategi, Cetakan Kesatu. Refika Aditama, Bandung.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Ridwan, A., & Juhaeri, J. (2024). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk Nadjani Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(1), 46–53. https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.35908

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.