Efektivitas Chatbot Sebagai Media Komunikasi Bisnis Antara Penjual dan Pembeli Pada MarketPlace
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i3.19499Keywords:
Bisnis, Komunikasi, MarketplaceAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektivitasnya chatbot pada marketplace. Proses bisnis dilakukan melaui media teknologi informasi dan internet dikenal dengan e-commerce. Hal ini menimbukan terciptanya suatu pasar elektronik yang dikenal dengan sebutan marketplace. Marketplace merupakan solusi yang tercipta dari pesatnya perkembagan teknologi informasi dan internet yang menggempur industri perdagangan melalui online store atau offline store. Marketplace mempermudah para usaha kecil dan menengah tersebut dalam melakukan promosi barang bahkan operasional. Barang di marketplace banyak para pembeli bisa memilih dengan bebas. Selain itu marketplace online pun sekarang menjadi sangat penting bagi suatu usaha yang sangat menguntungkan terutama di aplikasi yang sudah diberikan kepada para penjual dan para penjual bisa menjualnya secara online melalui aplikasi yang ada dan para calon pembeli pun sangat mudah menggunakannya karena dapat diakses dimana pun dan kapanpun. Para pengusaha wajib memanfaatkan tekhnologi pesat ini agar semua orang dapat terpenuhi kebutuhannya, menguntungkan para penjual dan para pembeli agar dapat keuntungan atau hasil yang besar dan sekaligus memperkenalkan poduk penjual semakin luas dan dikenal banyak orang. Hal ini berdampak sangat bagi suatu perusahaan maupun para konsumen atau pembeli sehingga hal ini sangat didukung oleh semua orang.
References
Agus, S. (2020). Chat Bot Sebagai Implementasi Pemanfaatan. Artikel Ilmiah, 108.
Eka, L. A., & Dimas, W. W. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 137.
Ningtyas, S. (2020, April 15). Mengenal Chatbot: Robot Virtual Yang Penting Untuk Bisnis Digital. Diambil Kembali Dari Niagahoster: Https://Www.Niagahoster.Co.Id/Blog/Chatbot-Adalah/
Yenny, Y. (2019, July 18). Chatbot Membantu Mempercepat Proses Tanya Jawab Secara Otomatis. Diambil Kembali Dari Dailysocial: Https://Dailysocial.Id/Post/Chatbot-Kemudahan-Bisnis-Online
Yustiani, R. (2017, October 6). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Diambil Kembali Dari Komputa Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika: Https://Www.Researchgate.Net/Publication/339355785_Peran_Marketplace_Sebagai_Alternatif_Bisnis_Di_Era_Teknologi_Informasi
Yuvalianda. (2020, October 29). Penelitian Kuantitatif: Definisi Hingga Contoh Lengkap. Diambil Kembali Dari Blog Yupa: Https://Yuvalianda.Com/Penelitian-Kuantitatif/
Zaenudin, A. (2017, Desember 13). Chatbot, Robot Yang Bikin Rusak Pekerjaan Customer Service. Diambil Kembali Dari Tirto.Id: Https://Tirto.Id/Chatbot-Robot-Yang-Bikin-Rusak-Pekerjaan-Customer-Service-Cbbm
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.