Faktor-Faktor yang Menjadi Alasan Nasabah Menabung di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kotabaru
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i1.21329Keywords:
Faktor, Alasan, Nasabah, Bank SyariahAbstract
Seiring dengan meningkatnya literasi dan inklusi keuangan perbankan syariah, animo masyarakat terhadap perbankan syariah semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor - faktor yang menjadi alasan nasabah menabung di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kotabaru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data observasi dan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis Miles & Huberman dan analisis Faktor (Istijanto OEI). Dari penelitian ini didapatkan hasil ada 7 faktor yang menjadi alasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Kotabaru yaitu, Faktor Produk (Product) 70%, Faktor Proses (Proces) 24%, Faktor Harga (Price) 22%, Faktor Promosi (Promotion) 21%, Faktor SDM (People) 11%, Faktor Tempat (Place) 4% dan Faktor Bukti Fisik (Phisycal Avidance) 1%.
References
Abhimantra, A. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) Dalam Memilih menabung Pada Bank. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), Vol. 5 Oktober 2013. 231-237. https://www.neliti.com/id/publications
Blair, S. d. (1998). Analisis Kualitatif. https://books.google.co.id
Dr. Sunardi, S. M. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat Muslim Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus di Kelurahan Kelapa Dua-Tangerang) . Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 26-29. https://media.neliti.com/media/publications
Indonesia, B. S. (2021). 2021 Laporan Tahunan. Indonesia: PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).
Kotler, P. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. https://www.andrianikusumawati.lecture.ub.ac.id
Nazir. (1988). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia. http://ailis.lib.unair.ac.id
Nazir. 2011. Sampel. Bandung: Alfabeta.. https://www.seputarpengetahuan.co.id
Oei Istijanto, 2010. Riset Sumberdaya Manusia. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 23-29.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33 Januari – Juni 2018, 15.
Riska. (2017). Analisis Motivasi Belanja Konsumen Minimarket dan Warung Kelontong dalam Perspektif Islam. Makassar: Universitas Islam Negeri Allaudin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id
Djauhari AM. 2020. Ukuran Sampel. ITB Press. Bandung.
Shahdeiny, S. (2014). PERBANKAN SYARIAH. Yogyakarta: Kencana. https://www.google.com
Soleha, M. (2019). Faktor-Faktor yang Menyebabkan Konsumen Berbelanja di Minimarket Grand Surya. Kotabaru, Kalimantan Selatan: Politeknik Kotabaru.
Uniyanti. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.