Faktor-Faktor yang Menjadi Alasan Nasabah Menabung di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kotabaru

Authors

  • Muhdar Muhdar Program Studi Administrasi Bisnis, Politeknik Kotabaru
  • Rosida Rosida Program Studi Administrasi Bisnis, Politeknik Kotabaru

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i1.21329

Keywords:

Faktor, Alasan, Nasabah, Bank Syariah

Abstract

Seiring dengan meningkatnya literasi dan inklusi keuangan perbankan syariah, animo masyarakat terhadap perbankan syariah semakin tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor - faktor yang menjadi alasan nasabah menabung di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kotabaru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengambilan data observasi dan wawancara mendalam. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis Miles & Huberman dan analisis Faktor (Istijanto OEI). Dari penelitian ini didapatkan hasil ada 7 faktor yang menjadi alasan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia KCP Kotabaru yaitu, Faktor Produk (Product) 70%, Faktor Proses (Proces) 24%, Faktor Harga (Price) 22%, Faktor Promosi (Promotion) 21%, Faktor SDM (People) 11%, Faktor Tempat (Place) 4% dan Faktor Bukti Fisik (Phisycal Avidance) 1%.

References

Abhimantra, A. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nasabah (Mahasiswa) Dalam Memilih menabung Pada Bank. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), Vol. 5 Oktober 2013. 231-237. https://www.neliti.com/id/publications

Blair, S. d. (1998). Analisis Kualitatif. https://books.google.co.id

Dr. Sunardi, S. M. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Masyarakat Muslim Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus di Kelurahan Kelapa Dua-Tangerang) . Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 26-29. https://media.neliti.com/media/publications

Indonesia, B. S. (2021). 2021 Laporan Tahunan. Indonesia: PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI).

https://www.bankbsi.co.id

Kotler, P. (2010). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga. https://www.andrianikusumawati.lecture.ub.ac.id

Nazir. (1988). Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia. http://ailis.lib.unair.ac.id

Nazir. 2011. Sampel. Bandung: Alfabeta.. https://www.seputarpengetahuan.co.id

Oei Istijanto, 2010. Riset Sumberdaya Manusia. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 23-29.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, Vol. 17 No. 33 Januari – Juni 2018, 15.

Riska. (2017). Analisis Motivasi Belanja Konsumen Minimarket dan Warung Kelontong dalam Perspektif Islam. Makassar: Universitas Islam Negeri Allaudin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id

Djauhari AM. 2020. Ukuran Sampel. ITB Press. Bandung.

Shahdeiny, S. (2014). PERBANKAN SYARIAH. Yogyakarta: Kencana. https://www.google.com

Soleha, M. (2019). Faktor-Faktor yang Menyebabkan Konsumen Berbelanja di Minimarket Grand Surya. Kotabaru, Kalimantan Selatan: Politeknik Kotabaru.

Uniyanti. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas. Makassar: Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Muhdar, M., & Rosida, R. (2023). Faktor-Faktor yang Menjadi Alasan Nasabah Menabung di PT. Bank Syariah Indonesia KCP Kotabaru. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(1), 119–125. https://doi.org/10.32493/drb.v6i1.21329

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.