Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan dan Strategi Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Pasar Moderen dan Pasar Tradisional di Kota Bima
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.21488Keywords:
Kualitas Pelayanan, Strategi Pemasaran, Kepuasan KonsumenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kualitas pelayanan dan strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada pasar moderen dan pasar tradisional di Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Populasi yang digunakan yaitu sebanyak 60 orang responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria: 1) orang yang pernah melakukan pembelian pada pasar modern dan pasar tradisional yang ada di Kota Bima, 2) konsumen yang sudah berumur 17 tahun ke atas karena dianggap sudah mampu menjawab pertanyaan pada kuesioner. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji beda (t test). Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas pelayanan dan strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada pasar moderen dan pasar tradisional di Kota Bima.
References
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hamzah, Z., Arif,M., Nisa, C. 2019. “Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Offline Pada Hijab (STUDI Kasus : Mahasiswa Universitas Islam Riau).†Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 2(1): 16–26.
Kentari, K. R., Purnama, I. 2020. “Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Distro Estizy Dan Distro Aladdin Di Kota Bima.†JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen 10(2014): 107–15.
Kotler, and Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Erlangga.
Kurniawati, Mukminin, A. 2021. “Perbandingan Strategi Pemasaran Produk Antara Hokkymart Dan Bollymart Kota Bima.†Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara 3(2): 216.
Ledita, N. F., Efendi., Hayati. 2019. “Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pasar Moderen Dan Pasar Tradisional Di Kota Banda Aceh.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian 4(3): 32–42.
Ratnasari, D., Mardian, I. 2021. “Strategi Pemasaran Umkm Berbasis Pangan Di Era Digital 4.0 (Studi Kasus Di Kota Bima).†Jurnal Dimensi 10(November): 469–81.
Resusun, A R, A L Tumbel, and Y Mandagie. 2019. “Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Online Gojek Dan Grab Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Unsrat.†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7(4): 6030–36.
Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
Sumitro, Y., Soekotjo, W. 2018. “Analisis Tingkat Persaingan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Dan Hond.†Jurnal Ekonomi 23(2): 286–96.
Susanto, F. A., Rafani, Y., Yenfi. 2014. “Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.†JURNAL PROGRESIF MANAJEMEN BISNIS (JPMB) 1(1): 1–10. http://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/26.
Tjiptono, F. 2016. “Service, Quality & Satisfaction.†In Yogyakarta: Andi.
Wiranti, A., Ismunandar. 2021. “Analisis Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Zam-Zam Analysis Marketing Mix And Quality Of Service On Customer Satisfaction In Zam-Zam Store.†Jurnal Dimensi 10(November): 449–68.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.