Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan dan Strategi Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Pasar Moderen dan Pasar Tradisional di Kota Bima

Authors

  • Erli Yanti Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Sri Ernawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.21488

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Strategi Pemasaran, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui perbedaan kualitas pelayanan dan strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada pasar moderen dan pasar tradisional di Kota Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparatif. Populasi yang digunakan yaitu sebanyak 60 orang responden. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling  dengan kriteria: 1) orang yang pernah melakukan pembelian pada pasar modern dan pasar tradisional yang ada di Kota Bima, 2) konsumen yang sudah berumur 17 tahun ke atas karena dianggap sudah mampu menjawab pertanyaan pada kuesioner. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas dan uji beda (t test). Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapat perbedaan kualitas pelayanan dan strategi pemasaran terhadap kepuasan konsumen pada pasar moderen dan pasar tradisional di Kota Bima.

References

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hamzah, Z., Arif,M., Nisa, C. 2019. “Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Dalam Transaksi Jual Beli Online Dan Offline Pada Hijab (STUDI Kasus : Mahasiswa Universitas Islam Riau).†Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah 2(1): 16–26.

Kentari, K. R., Purnama, I. 2020. “Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Distro Estizy Dan Distro Aladdin Di Kota Bima.†JUIMA : Jurnal Ilmu Manajemen 10(2014): 107–15.

Kotler, and Keller. 2014. Manajemen Pemasaran. 11th ed. Jakarta: Erlangga.

Kurniawati, Mukminin, A. 2021. “Perbandingan Strategi Pemasaran Produk Antara Hokkymart Dan Bollymart Kota Bima.†Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara 3(2): 216.

Ledita, N. F., Efendi., Hayati. 2019. “Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pasar Moderen Dan Pasar Tradisional Di Kota Banda Aceh.†Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian 4(3): 32–42.

Ratnasari, D., Mardian, I. 2021. “Strategi Pemasaran Umkm Berbasis Pangan Di Era Digital 4.0 (Studi Kasus Di Kota Bima).†Jurnal Dimensi 10(November): 469–81.

Resusun, A R, A L Tumbel, and Y Mandagie. 2019. “Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Online Gojek Dan Grab Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Mesin Unsrat.†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 7(4): 6030–36.

Sugiyono. 2016. Bandung: Alfabeta Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.

Sumitro, Y., Soekotjo, W. 2018. “Analisis Tingkat Persaingan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Sepeda Motor Yamaha Dan Hond.†Jurnal Ekonomi 23(2): 286–96.

Susanto, F. A., Rafani, Y., Yenfi. 2014. “Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.†JURNAL PROGRESIF MANAJEMEN BISNIS (JPMB) 1(1): 1–10. http://e-jurnal.stie-ibek.ac.id/index.php/JIPMB/article/view/26.

Tjiptono, F. 2016. “Service, Quality & Satisfaction.†In Yogyakarta: Andi.

Wiranti, A., Ismunandar. 2021. “Analisis Bauran Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Zam-Zam Analysis Marketing Mix And Quality Of Service On Customer Satisfaction In Zam-Zam Store.†Jurnal Dimensi 10(November): 449–68.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Yanti, E., & Ernawati, S. (2022). Analisis Perbandingan Kualitas Pelayanan dan Strategi Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen pada Pasar Moderen dan Pasar Tradisional di Kota Bima. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(5), 408–414. https://doi.org/10.32493/drb.v5i5.21488

Similar Articles

<< < 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.