Pengaruh Promosi, Word Of Mouth dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Gofood di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i1.27537Keywords:
Kemudahan Penggunaan, Keputusan Pembelian, Promosi, Word Of MouthAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah promosi, word of mouth, dan kemudahan penggunaan memiliki peran dalam pilihan pengguna untuk melakukan pembelian menggunakan aplikasi Gofood di Kota Batam. Studi ini akan menggunakan metodologi kuantitatif, yang sering digunakan dalam investigasi semacam itu. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan tujuan menguji hipotesis; itu didasarkan pada positivisme, menggunakan alat penelitian untuk mengumpulkan data, dan bergantung pada teknik kuantitatif atau statistik untuk menganalisis data tersebut. Total populasi studi meliputi 380 orang yang tinggal di wilayah Tiban Lama yang memanfaatkan fitur GoFood dari aplikasi GoJek untuk melakukan pembelian. Menurut algoritma Slovin, 111 responden dipilih secara acak untuk studi lebih lanjut. Pengujian validitas, reliabilitas, normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi (R2), pengujian hipotesis parsial, dan pengujian hipotesis simultan hanyalah beberapa prosedur statistik yang dapat digunakan untuk data. Hasil penelitian menemukan bahwa di Kota Batam, keputusan pembelian di aplikasi Gofood dipengaruhi oleh promosi, word of mouth dan kemudahan penggunaan.
References
Adi, N. R. M., Ramadhan, M. R. I., Aristawati, T., & Pratama, S. A. (2022). Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Makanan di ShopeeFood. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(2), 420. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i2.1001
Adriansyah, D., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Go-Food Di Kota Bandung. Journal of Entrepeneurship, Management, and Industry, 3(3), 123–128.
Ariningsih, E. P., Wijayanti, W., & Prasaja, M. G. (2022). Intention to Use E-wallet Dilihat dari Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Security, dan Trust. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 11(2), 227. https://doi.org/10.30588/jmp.v11i2.916
Avriyanti, D. A. M., & Handriana, T. (2022). Pengaruh Percieved Quality terhadap Percieved Usefulness dan Perceived Ease Of Use serta dampaknya pada Satisfaction pada konsumen Shopee Indonesia. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 7(1), 116. https://doi.org/10.30737/ekonika.v7i1.1063
Azhari, R. D., & Fachry, M. F. (2020). Pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian batik Karawang di Ramayana Mall, Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 37–44. http://jurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/manajemen-ubhara/article/view/689
Cahyanti, M. M. (2022). Menguatkan Keputusan Pilihan Melalui Strategi Viral Marketing Dan Word of Mouth (Wom). Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 16(1), 95–108. https://doi.org/10.32815/jibeka.v16i1.470
Elsa Silaen, B. P. (2019). PERSEPSI MANFAAT SERTA PROMOSI TERHADAP MINAT BELI ULANG SALDO E-WALLET OVO A . Pendahuluan pembelian . Jika dahulu konsumen harus datang langsung ke toko maka saat ini tidak perlu datang ke secara gratis di Google Play Store dan App Store . Perilaku mina. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–9.
Fakhrudin, A., Yudianto, K., She Melly, Y. A., & Transportasi, M. (2021). Word of mouth marketing berpengaruh terhadap keputusan kuliah. Forum Ekonomi, 23(4), 648–657.
Kang, H., & Raymond. (2020). Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Samsung Pada Masyarkat Batam.
Kurniawan, A., & Istiyanto, B. (2021). Pengaruh Media Sosial, Harga, Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online. JEBDEKER: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital, Ekonomi Kreatif, Entrepreneur, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.56456/jebdeker.v2i1.68
Mahaputra, M. R., & Saputra, F. (2021). Relationship Word of Mouth , Advertising and Product Quality To Brand Awareness. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 2(6), 1099–1108.
Presly, D. (2022). Strategi Harga Dan Promosi Yang Dilakukan E-Commerce Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Konsumen. 64 – 77.
Safwati, F., Khair, H., Kunci, K., & Merek, C. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Dengan Keputusan Pembelian Mie Instan Sedaap Di Kota Medan. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 5(1), 64–77. https://doi.org/10.30596/maneggio.v5i1.10507
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); Ke 2). ALFABETA.
Widhiaswara, I. A., & Soesanto, H. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Gofood di Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 19(2), 114–125. https://doi.org/10.14710/jspi.v19i2.114-125
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.