Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Mobil Hyundai pada PT Pionir Auto Mobil
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v6i5.30515Keywords:
Keputusan Pembelian, Keragaman Produk, Kualitas Produk, PromosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keragaman produk, kualitas produk, dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil Hyundai pada PT Pionir Auto Mobil. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang akan digunakan adalah konsumen PT Pionir Auto Mobil yang jumlahnya sebanyak 355 orang, hal ini berdasarkan data penjualan pada tahun 2022. Teknik penentuan besar sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan hasil perhitungan sebanyak 188 responden yang berdasarkan dengan pendekatan simple random sampling. Data dianalisis menggunakan model regresi linier berganda, dan SPSS digunakan sebagai pengolahan data untuk menguji uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Analisis regresi linier berganda dapat menjelaskan bahwa keragaman produk dapat memberikan peningkatan kepada keputusan pembelian sebesar 21,6%. Kualitas produk produk dapat memberikan peningkatan kepada keputusan pembelian sebesar 30,8%. Promosi dapat memberikan peningkatan kepada keputusan pembelian sebesar 29,1%. Analisis koefisien determinasi (R2) mengatakan bahwa keragaman produk, kualitas produk dan promosi dapat menjelaskan keputusan pembelian sebesar 73,5% Temuan penelitian ini pada uji hipotesis menyiratkan bahwa keragaman produk, kualitas produk dan promosi secara parsial maupun secara simultan dapat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian mobil Hyundai pada PT Pionir Auto Mobil.
References
Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 6(3), 38–51.
Faradila, S. M., Kusnadi, E., & Soeliha, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Dengan Minat Beli Produk Fashion Muslim Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME) FEB UNARS, 1(2), 256–271.
Febrizal, & Saputra, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Watchout Di Matahari Bcs Mall Batam. Scientia Journal, 5(1). https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/view/5772
Fernando, S., & Simbolon, R. (2022). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produkunilever. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 15(8.5.2017), 2003–2005.
Hardian, R. R. dan A. (2021). Pengaruh Keragaman Produk terhadap keputusan pembelian di gerai Indomaret mandala by pass 1 cabang Medan. Jurnal Penelitian EKonomi Manajemen. Vol. 1, 1, 96–103.
Iwan, & Saputra, A. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indocafe Pada Pt Prima Bintang Distribusindo. Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2), 17–24. https://doi.org/10.35829/magisma.v8i2.94
Juniyanti, & Saputra, A. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Frozen Food Di Kota Batam. Scientia Journal, 4(5). http://repository.upbatam.ac.id/1348/
Kusuma, R. W., Ban, T. G., Yan, R., & Guntur, M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia ( Factors Affecting Purchase Decisions Through Trust As Intervening Variables In Marketplace Tokopedia ) Abstrak Pendahuluan. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 2(02), 125–136.
Sembiring, E. F., & Sunargo. (2022). Pengaruh harga , promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah KPR subsidi di PT Sinar Jaya Putra Kampar Batam. 17(1), 117–126.
Setyani, T. P. H., & Gunadi, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada PT. Radita Autoprima). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 92–102.
Siregar, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Hp Merek Vivo Pada Studi Kasus Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Sari Mutiara Indonesia. Jurnal Stindo Profesional, VIII(8.5.2017), 2003–2005.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Wilianna, & Saputra, A. (2021). Pengaruh Kemasan, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Pada Pt Pacific Batam Perkasa. Scientia Journal, 3(1).
Yolandia, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Keputusan Pembelian Pada TB ISNA Tulungagung. Jurnal Riset Ekonomi, 1(69), 5–24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.