Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Bedda Lotong di Toko Akunik Cabang Jakarta Selatan

Authors

  • Yudha Alamsyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang
  • Veta Lidya Delimah Pasaribu Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.33684

Keywords:

Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk lulur bedda lotong di Toko Akunik Cabang Jakarta-Selatan. Metode penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, yaitu menggunakan analisis data secara mendalam dalam bentuk angka dengan jumlah responden sebanyak 100 konsumen. Pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif, uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi, uji korelasi, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil pada analisis resgresi linear berganda menemukan bahwa kualitas produk menghasilkan peningkatan keputusan pembelian sebesar 20,2%. Promosi menghasilkan peningkatan keputusan pembelian sebesar 42,0%. Sementara itu, analisis koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa keputusan pembelian pada Toko Akunik  di Jakarta Selatan dapat dijelaskan sebesar 49,8% oleh kualitas produk dan Promosi. Hasil yang diproleh dari penelitian menunjukan bahwa kualitas produk dan promosi dengan cara parsial ataupun simultan memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko Akunik.

References

Anagari, A. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Malangkuçeçwara) (Doctoral Dissertation, Stie Malangkucecwara).

Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254-268.

Carsana, Y., & Kevin, D. (2020). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Di PT. ARISTA SUKSES ABADI TANJUNGPINANG. Jurnal Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 3(1), 1-13.

Halim, D. A., & Wasito, S. E. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Thai Tea Di Uky Tea Bandung (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis).

Ismail, J. K., Hari Nugroho, S. E., MM, M., Intan Hesti Indriana, M. M., Hendrayady, A., Sos, S., ... & Kraugusteeliana, M. (2022). Pengantar Manajemen. Media Sains Indonesia.

Khaerunnisa, Remmang, H., & Yunus, K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa. Economic Bosowa Journal, 7(001), 170–183.

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada cafe ko. we. cok di solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1-13.

Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian sepatu merek Converse pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Doctoral dissertation, UMSU).

Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju Batik Di Toko “Florensia†Kota Sawahlunto. Matua Jurnal, 3(1), 13-24.

Muliana, M., Suleman, A. R., Arif, N. F., Simatupang, S., Sitepu, C. N. B., Wahyuddin, W., ... & Sudirman, A. (2020). Pengantar Manajemen. Yayasan Kita Menulis.

Panjaitan, R. (2019). Manajemen Pemasaran. Semarang: Sukarno Pressindo.

Putri, B. R. (2019). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Libery.

Rahmawati, D. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sirup Herbal Jahe Emprit Di Umkm Assafirs Bakery Pasrujambe Kabupaten Lumajang.

Sadikin, A., Isra, M., & Muhammad, S. H. (2020). Pengantar Manajemen dan Bisnis. Yogyakarta: K-Media.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Utomo, J., Julius Nursyamsi, & Aji Sukarno. (2023). Analisis Pengaruh Produk, Promosi Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Belanja Online Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 100–116.

Wijoyo, H., & dkk. (2020). Manajemen Pemasaran di Era Globalisasi. Purwokerto: Pena Persada.

Downloads

Published

2024-01-01

How to Cite

Alamsyah, Y., & Pasaribu, V. L. D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Bedda Lotong di Toko Akunik Cabang Jakarta Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.33684

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.