Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Bedda Lotong di Toko Akunik Cabang Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.33684Keywords:
Kualitas Produk, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk lulur bedda lotong di Toko Akunik Cabang Jakarta-Selatan. Metode penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, yaitu menggunakan analisis data secara mendalam dalam bentuk angka dengan jumlah responden sebanyak 100 konsumen. Pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Teknik analisis data mengunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif, uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi, uji korelasi, uji determinasi dan uji hipotesis. Hasil pada analisis resgresi linear berganda menemukan bahwa kualitas produk menghasilkan peningkatan keputusan pembelian sebesar 20,2%. Promosi menghasilkan peningkatan keputusan pembelian sebesar 42,0%. Sementara itu, analisis koefisien determinasi (R2) menunjukan bahwa keputusan pembelian pada Toko Akunik di Jakarta Selatan dapat dijelaskan sebesar 49,8% oleh kualitas produk dan Promosi. Hasil yang diproleh dari penelitian menunjukan bahwa kualitas produk dan promosi dengan cara parsial ataupun simultan memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian pada toko Akunik.
References
Anagari, A. M. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Stie Malangkuçeçwara) (Doctoral Dissertation, Stie Malangkucecwara).
Arianto, N., & Kurniawan, F. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Home Industri Produk Pakaian Sablon & Bordir). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 4(2), 254-268.
Carsana, Y., & Kevin, D. (2020). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Di PT. ARISTA SUKSES ABADI TANJUNGPINANG. Jurnal Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, 3(1), 1-13.
Halim, D. A., & Wasito, S. E. (2022). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Thai Tea Di Uky Tea Bandung (Doctoral Dissertation, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis).
Ismail, J. K., Hari Nugroho, S. E., MM, M., Intan Hesti Indriana, M. M., Hendrayady, A., Sos, S., ... & Kraugusteeliana, M. (2022). Pengantar Manajemen. Media Sains Indonesia.
Khaerunnisa, Remmang, H., & Yunus, K. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa. Economic Bosowa Journal, 7(001), 170–183.
Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada cafe ko. we. cok di solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1-13.
Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian sepatu merek Converse pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (Doctoral dissertation, UMSU).
Milano, A., Sutardjo, A., & Hadya, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Baju Batik Di Toko “Florensia†Kota Sawahlunto. Matua Jurnal, 3(1), 13-24.
Muliana, M., Suleman, A. R., Arif, N. F., Simatupang, S., Sitepu, C. N. B., Wahyuddin, W., ... & Sudirman, A. (2020). Pengantar Manajemen. Yayasan Kita Menulis.
Panjaitan, R. (2019). Manajemen Pemasaran. Semarang: Sukarno Pressindo.
Putri, B. R. (2019). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Libery.
Rahmawati, D. (2021). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sirup Herbal Jahe Emprit Di Umkm Assafirs Bakery Pasrujambe Kabupaten Lumajang.
Sadikin, A., Isra, M., & Muhammad, S. H. (2020). Pengantar Manajemen dan Bisnis. Yogyakarta: K-Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Utomo, J., Julius Nursyamsi, & Aji Sukarno. (2023). Analisis Pengaruh Produk, Promosi Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Belanja Online Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Intervening. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 100–116.
Wijoyo, H., & dkk. (2020). Manajemen Pemasaran di Era Globalisasi. Purwokerto: Pena Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.