Analisis Pengawasan dalam Meningkatkan Kinerja Juru parkir di PasarTradisional Tangerang Selatan

Authors

  • Maswarni Arni Maswarni Fakultas EKonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Nofiar Nofiar Fakultas EKonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.36534

Keywords:

Pengawasan, Kinerja Juru Parkir, Pasar Tradisional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalis pengawasan dalam meningkatkan kinerja juru parkir di pasar tradisional Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan obyek penelitian lima titik pasar tradisional di daerah Tangerang Selatan yaitu pasar Ciputat, pasar Cimanggis, pasar Serpong, pasar Jombang dan pasar Jelupang, Tangerang Selatan. Hasil penelitian Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah telah melakukan pembangunan, pemberdayaan, dan pengawasan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pasar dalam hal perparkiran dan sumber daya manusia dari sebagian besar penduduk setempat. Analisa penyerapan tenaga kerja lokal dalam pasal 5(f), wajib mengalokasikan sebanyak minimal 50% dari  tenaga kerja yang ada. Pelayann petugas dijadikan acuan untuk menilai kondisi pasar yang sekarang dengan aturan yang ada di Perda. Pengamanan, pelayanan terhadap kendaraan bermotor serta tarif sudah ditentukan sesuai dengan ketentuan pemerintah Tangerang Selatan. Pengawasan yang dilakukan terhadap ketertiban petugas parkir dalam kenyamanan dan keamanan kendaraan pelanggan yang di parkir  telah dilaksanakan petugas parkir.

References

Baswori & Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

George R. Terry, 2012,.Prinsip-prinsip Manajemen. (edisi bahasa Indonesia). PT. Bumi Aksara : Bandung,.

Hasibuan malayu 2011.“Manajemen Sumber Daya Manusiaâ€, Edisi Revisi Cetakan Keenam, PT. Bumi Aksara, Jakarta,

Irawan. 2007. Penelitian Kualitatif & Kuantitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. DIA FISIP UI.

Kotler & Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Empat. Jakarta

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja

Pontoh,N.K dan Kustiwan, A. 2009. Pengantar Perencanaan Perkotaan. Penerbit ITB. Bandung Rosdakarya

Robbins, Nazir, Moh. Ph. D. 2009. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Raco. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Siagian, Sondang. P. P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba

Sondang P. Siagian. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sutrisno, Edy. 2010. Manajemen Sumberdaya Manusia, PT. Kencana: Jakarta.

_______, 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-8. Jakarta: Prenada Media Group

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta

Todd Litman (2010), Are Vehicle Travel Reduction Targets Justified? Evaluating Mobility Management Policy Objectives Such As Targets To Reduce VMT And Increase Use Of Alternative Modes, Victoria Transport Policy Institute.

Winardi. 2011.Kepemimpinan dalam Manajemen, PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Peraturan Walikota Tangerang Selatan Nomor 3 Tahun 2013 Tentang Penyelenggaraan Perparkiran Peraturan Walikota Tentang Peninjauan Tarif Retribusi Pelayanan Parkir

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Maswarni, M. A., & Nofiar, N. (2023). Analisis Pengawasan dalam Meningkatkan Kinerja Juru parkir di PasarTradisional Tangerang Selatan. Jurnal Disrupsi Bisnis, 6(6), 662–666. https://doi.org/10.32493/drb.v6i6.36534

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.