Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.37146Keywords:
Citra merek, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, PromosiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian Scarlett Whitening di Kota Batam. Popolasi yang digunakan merupakan pengguna yang pernah menggunakan produk Scarlett Whitening, namun jumlahnya tidak pasti. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus lemeshow dengan jumlah perhitungan sebesar 100 responden dengan teknik pengambilan secara purposive sampling. Data dianalisis menggunakan model regresi linear berganda, dengan pengujian uji kualitas data, uji asumsi klasik, uji pengaruh dan uji hipotesis. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 19,6% terhadap keputusan pembelian. Promosi memiliki pengaruh sebesar 34,3% terhadap keputusan pembelian. Citra merek memiliki pengaruh sebesar 37,7% terhadap keputusan pembelian. Temuan pengujian dengan menggunakan koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa kualitas produk, promosi dan citra merek secara bersama-sama dapat menjelaskan sebanyak 60,8% dari variasi dalam keputusan pembelian. Selain itu, uji t dan uji F menunjukkan bahwa kualitas produk, promosi dan citra merek baik secara individu maupun secara keseluruhan, berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian Scarlett Whitening di Kota Batam.
References
Adabi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome di Witel Telkom Depok. JURNAL MANAJEMEN, 12(1), 32–39. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
Anam, M. S., Nadila, D. L., Anindita, T. A., & Rosia, R. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra (Studi Kasus pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 4(1), 120–136. https://doi.org/10.36778/jesya.v4i1.277
Andari, P., & Sumiyarsih, S. (2021). Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum dalam Kemasan Merek OXGNDW (OXY). Value : Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(1), 35–52. www.indonesia.go.id
Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96–107. http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah
Astuti, R., Ardila, I., & Lubis, R. R. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Converse. Jurnal AKMAMI (Akuntansi, Manajemen, Ekonomi), 2(2), 204–219.
Dewi, A. S., & Elwisam, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Proyektor Epson di Jakarta. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 17(1), 39–51. https://doi.org/10.47313/oikonomia.v17i1.1241
Diyagitama, A. A., Sumarsono, H., & Kristiyana, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian HP Samsung di Artomoro Celluler. Jurnal Ekonomi, Manajemen & Akuntansi, 3(1), 58–65.
Ernawati, D. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk HI Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), 17–32.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV. PENERBIT QIARA MEDIA.
Heliani, H., Harahap, D. A., & Mahani, S. A. E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Work Coffee di Kota Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(2), 1331–1338. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i2.4485
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Larika, W., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Oppo. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 128–136.
Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan E-Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso.id di Marketplace Shopee. Jurnal Economia, 2(3), 753–765.
Mardika, N. H., & Wasiman, W. (2023). Hubungan Simultan antara Produk, Harga, Promosi dan Tempat Terhadap Keputusan Pembelian iPhone di Batam: Studi Kuantitatif. Andalas Management & Accounting Journal, 1(1), 1–8. https://www.ejournal.ybpindo.or.id/index.php/amaj
Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). Pengaruh Promosi dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Gerai Es Teh Indonesia di Bandar Lampung). Jurnal TECHNOBIZ, 4(2), 62–69.
Naufal, M. D. D., & Nalurita, S. (2023). Pengaruh Promosi dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood pada Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadama Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 13(1), 23–34.
Pratyaharani, H. P., Suroso, A. I., & Ratono, J. (2022). Pengaruh Harga, Citra Merek, Kualitas Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Perlengkapan Bayi Bagi Ibu Milenial. Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Bisnis, 8(3), 846–855. https://doi.org/10.17358/jabm.8.3.846
Purba, P. Y., Andi, A., Pratiwi, T., Jensen, J., & Irwansyah, A. (2020). Product Prices, Service Quality, Promotion Affect Decisions on Purchasing Motorcycle Parts. International Journal of Social Science and Business, 4(3), 455–463. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index
Ristanti, A., & Iriani, S. S. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Nature Republic di Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 1026–1037.
Sari, D. R., & Hartini, S. (2020). Pengaruh Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Mie Korea (Survei pada Pengunjung Kedai Mie Korea). Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 31–42. https://kemenperin.go.id
Satdiah, A., Siska, E., & Indra, N. (2023). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Cat De’lucent Paint. CiDEA Journal, 2(1), 24–37. https://doi.org/10.56444/cideajournal.v2i2.775
Tanandy, E. S., & Fuad, M. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Jurnal Manajemen, 9(2), 113–123.
Veronika, J., & Hikmah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Keripik Tempe di Kota Batam. Journal of Management, Accounting, Economic and Business, 01(02), 210–223. http://trianglesains.makarioz.org
Zukhrufani, A., & Zakiy, M. (2019). The Effect of Beauty Influencer, Lifestyle, Brand Image and Halal Labelization Towards Halal Cosmetical Purchasing Decisions. JEBIS: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 168–180.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.