Pengaruh Social Media Marketing, Online Consumer Review dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc (Studi pada Mahasiswa di Kota Medan)

Authors

  • Wildan Syakinah Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara
  • Hafiza Adlina Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.37553

Keywords:

Social Media Marketing, Online Consumer Review, Harga dan Keputusan Pembelian

Abstract

Seiring perkembangan zaman, internet berkembang pesat dan menjadi salah satu sumber informasi yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun, hal ini mengakibatkan arus konsumen dalam memenuhi gaya hidup mengalami perubahan. Salah satu merek lokal di Indonesia yang menggunakan media sosial dengan aktif adalah Somethinc. Somethinc juga memanfaatkan berbagai platform digital untuk dapat berinteraksi dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, online consumer review, dan harga terhadap keputusan pembelian produk somethinc pada mahasiswa di kota medan secara bersama-sama. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan 100 responden yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel Social Media Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, variabel online consumer review berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.

Author Biography

Wildan Syakinah, Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara

Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

References

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.

Almana, A. M., & Mirza, A. A. 2013. “The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers'

Purchasing Decisions. International Journal of Computer Applications†Vol 82 No 9 , Vol 82 No 9 23-31.

Angela, Z., & Siregar, O. M. 2021. “Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Store Atmosphere Terhadap Tingkat Kunjungan Konsumen Pada Cafe Taman Selfie Binjaiâ€. SENRIABDI, 417-433

Atma, et al. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Word of Mouth, and Price Consciousness Terhadap Minat Beli di Shopee. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik.

Firmansyah, M. Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Sleman: Deepublish CV. Budi Utama

Gunelius dan Susan. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies

Gultom, M. D., Adlina, H., & Siregar, O. M. (2022). The Influence Of Electronic Word Of Mouth

And Brand Image On The Purchase Decision Of Video On Demand Netflix Subscription:(Study on Netflix Users in Medan City). JOURNAL OF HUMANITIES, SOCIAL SCIENCES AND BUSINESS (JHSSB), 2(1), 122-127.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UNITOMOPRESS

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing (17th edition). USA: Pierson Education Limited.

Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Endoser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1).

Rachman, J. M. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc. Jurnal Sosial Sains, 1(Vol. 1 No. 5 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS), 368–373.

Sukmawati, et al. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc (Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha Vol. 2 No. 2.

Situmorang, P. A., Adlina, H., & Siregar, O. M. (2022). The Influence Of Brand Ambassador And Brand Image On Purchase Decisions For L'oréal Paris Products In Medan City. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Manajemen Bisnis Digital, 1(2), 105-117.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: ANDI

_________ . (2015) . Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi

Tjiptono, F dan Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Syakinah, W., & Adlina, H. (2024). Pengaruh Social Media Marketing, Online Consumer Review dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc (Studi pada Mahasiswa di Kota Medan). Jurnal Disrupsi Bisnis, 7(1), 163–170. https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.37553

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.