Pengaruh Social Media Marketing, Online Consumer Review dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc (Studi pada Mahasiswa di Kota Medan)
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i1.37553Keywords:
Social Media Marketing, Online Consumer Review, Harga dan Keputusan PembelianAbstract
Seiring perkembangan zaman, internet berkembang pesat dan menjadi salah satu sumber informasi yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun, hal ini mengakibatkan arus konsumen dalam memenuhi gaya hidup mengalami perubahan. Salah satu merek lokal di Indonesia yang menggunakan media sosial dengan aktif adalah Somethinc. Somethinc juga memanfaatkan berbagai platform digital untuk dapat berinteraksi dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing, online consumer review, dan harga terhadap keputusan pembelian produk somethinc pada mahasiswa di kota medan secara bersama-sama. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan 100 responden yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa variabel Social Media Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya, variabel online consumer review berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, dan variabel harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian.
References
Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Almana, A. M., & Mirza, A. A. 2013. “The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers'
Purchasing Decisions. International Journal of Computer Applications†Vol 82 No 9 , Vol 82 No 9 23-31.
Angela, Z., & Siregar, O. M. 2021. “Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Store Atmosphere Terhadap Tingkat Kunjungan Konsumen Pada Cafe Taman Selfie Binjaiâ€. SENRIABDI, 417-433
Atma, et al. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Word of Mouth, and Price Consciousness Terhadap Minat Beli di Shopee. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik.
Firmansyah, M. Anang. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Sleman: Deepublish CV. Budi Utama
Gunelius dan Susan. (2011). 30-Minute Social Media Marketing. United States: McGraw-Hill Companies
Gultom, M. D., Adlina, H., & Siregar, O. M. (2022). The Influence Of Electronic Word Of Mouth
And Brand Image On The Purchase Decision Of Video On Demand Netflix Subscription:(Study on Netflix Users in Medan City). JOURNAL OF HUMANITIES, SOCIAL SCIENCES AND BUSINESS (JHSSB), 2(1), 122-127.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UNITOMOPRESS
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2018). Principles of Marketing (17th edition). USA: Pierson Education Limited.
Purwanto, Y., & Sahetapy, W. L. (2022). Pengaruh Content Marketing dan Influencer Endoser Terhadap Purchase Intention Pada Brand Skincare Somethinc. Agora, 10(1).
Rachman, J. M. (2021). Pengaruh Viral Marketing dan Turbo Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc. Jurnal Sosial Sains, 1(Vol. 1 No. 5 (2021): Jurnal Sosial dan Sains (SOSAINS), 368–373.
Sukmawati, et al. (2022). Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc (Studi pada Konsumen di Daerah Istimewa Yogyakarta). Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia STIE Widya Wiwaha Vol. 2 No. 2.
Situmorang, P. A., Adlina, H., & Siregar, O. M. (2022). The Influence Of Brand Ambassador And Brand Image On Purchase Decisions For L'oréal Paris Products In Medan City. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Manajemen Bisnis Digital, 1(2), 105-117.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: ANDI
_________ . (2015) . Brand Management & Strategy. Yogyakarta : Andi
Tjiptono, F dan Diana, A. (2020). Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wildan Syakinah, Hafiza Adlina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.