Faktor-Faktor Penentu Pembelian Ekosistem Produk Gawai
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v7i5.43539Keywords:
Ekosistem Produk; Faktor Penentu; Pembelian; Produk GawaiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penentu pembelian ekosistem pada produk gawai. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dan kuantitatif. Sampel penelitian didapatkan melalui wawancara kepada 5 orang narasumber dan survei kepada 60 orang responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah Content Analysis dan Exploratory Factor Analysis (EFA). Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor - faktor atau dimensi yang menentukan adalah keunggulan produk, reputasi merek, kepuasan pelanggan, dan pengalaman merek. Faktor keunggulan produk di isi oleh variabel perbandingan produk, alternatif produk, ekosistem produk unggul, dan pembelian ulang. Faktor reputasi merek melalui variabel kualitas service center, penawaran promosi, reputasi terpercaya, persepsi merek, dan desain inovatif. Faktor kepuasan pelanggan melalui variabel nilai tambah produk, ekspektasi pelanggan, efisiensi produk, pengalaman interaksi produk, dan produk solutif. Sedangkan faktor pengalaman merek melalui variabel pengalaman menyenangkan dan pengalaman membanggakan.
References
Adzimaturrahmah, R., Wibowo, L. A., & Lisnawati, L. (2019). Ekspektasi Pelanggan Media Sosial: Brand Engagement dalam Mempertahankan Customer Loyalty. Journal of Business Management Education (JBME), 4(2), 18–23. https://doi.org/10.17509/jbme.v4i2.16777
Ari Wibowo. (2023). Penguatan Produk Unggulan dan Ekosistem Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Berorientasi Ekspor dari Sudut Pandang Manajemen Keuangan. MBIC-Journal Confrence, 6(5), 424–438.
Barhorst, J. B. (2015). Book Review: Brand Psychology: Consumer Perceptions, Corporate Reputations. International Journal of Market Research, 57(5), 801–802. https://doi.org/10.2501/ijmr-2015-064
Chen, K. (2023). Analysis On the Development of Apple Inc. Based on SWOT-Model. Highlights in Business, Economics and Management, 20, 351–355. https://drpress.org/ojs/index.php/HBEM/article/view/12647
El Menzhi, K. (2014). CSR in human resources management. Corporate Social Responsibility and Human Resource Management: A Diversity Perspective, 289–306. https://doi.org/10.4337/9781783476367.00020
Granstrand, O., & Holgersson, M. (2020). Innovation ecosystems: A conceptual review and a new definition. Technovation, 90–91. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2019.102098
Helal, G., Ozuem, W., & Lancaster, G. (2018). Social media brand perceptions of millennials. International Journal of Retail and Distribution Management, 46(10), 977–998. https://doi.org/10.1108/IJRDM-03-2018-0066
Indrawan, M. G., Raymond, & Siregar, D. L. (2021). Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Smartphone Samsung Di Kota Batam. Jurnal Ekobistek, 81–87. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v10i2.57
Kurniawan, A. C. (2023). Analisis Pelayanan Kepuasan Konsumen pada Bisnis Transportasi. Journal of Education Reasearch, 4(2), 831–836. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/235%0Ahttps://jer.or.id/index.php/jer/article/download/235/200
Maylina, D., & Mulazid, A. S. (2018). Analisis Pengaruh Service Quality, Customer Relationship Management Dan Keunggulan Produk Tabungan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank BRI Syariah. Islamadina, 19(1), 90–105. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/view/2352
Mukminin, S., & Farida, S. N. (2021). Pengaruh Ekspektasi Pelanggan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Provider Digital by.U Di Surabaya. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis, 12(2), 11–18. https://doi.org/10.47927/jikb.v12i2.122
Ni kadek, S., & Ni Made, R. (2019). Pengaruh E-Wom, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Niat Beli Kembali: Studi Pada Pelanggan Situs Shopee. E-Jurnal Manajemen, 3(2), 58–66. http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987
Panjaitan, A. O., Yeriko, R. ., & Sudjatno. (2016). Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Loyalitas Merek Melalui Mediasi Kepuasan Dan Kepercayaan Merek. Skripsi-2023, 3(2). http://repository.trisakti.ac.id/usaktiana/index.php/home/detail/detail_koleksi/0/SKR/judul/00000000000000111525/
Simic, N., & Jovicic, T. (2023). Fundamental Analysis of the Apple Company. 96th International Scientific Conference on Economic and Social Development – Era of Global Crisis, 97–106. https://www.researchgate.net/publication/371206708
Sudirman, H. A., Sartika, D., Anindita, M., & Anshari, R. (2023). The role of brand experience and E-Wom on purchase decisions. International Journal of Research in Business and Social Science (2147- 4478), 12(4), 572–577. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v12i4.2551
Syifa Johan, I., Indriyani, R., & Vincēviča-Gaile, Z. (2020). Measuring Repurchase Intention on Fashion Online Shopping. SHS Web of Conferences, 76, 01015. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207601015
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aprilia Dewanti, Aditya Abdulrahman Katamsi, Cicilia Erni Cynthia Dewi, Nadia Hanifa Tamam, Suwartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.