Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Brand Awareness dan Keputusan Beli pada Customer Katerinda Catering
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i2.47431Keywords:
Pemasaran Digital; Brand Awareness; Keputusan Beli; Media Sosial; Industri CateringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran digital terhadap brand awareness serta dampaknya terhadap keputusan beli pelanggan Katerinda Catering. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif/kausal. Analisis data yang dilakukan yakni uji validitas dan reliabilitas kemudian analisis regresi linear berganda akan digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan, dengan menggunakan alat analisis seperti SPSS. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari aktivitas pemasaran digital terhadap brand awareness, di mana strategi pemasaran digital yang diterapkan Katerinda Catering terbukti berhasil meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Brand awareness juga terbukti memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan beli konsumen, di mana semakin tinggi kesadaran merek, semakin besar kemungkinan konsumen melakukan pembelian. Pemasaran digital terbukti menjadi alat yang efektif dalam membangun brand awareness dan menciptakan jalur yang efektif menuju keputusan pembelian.
References
Aaker, D. . (1996). Building Strong Brands. Pearson.
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766
Chaffey, D. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson.
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. Pearson Education.
Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences. Lawrence Erlbaum Associates.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (A. Fawaid (ed.)). Pustaka Pelajar.
DeVellis, R. F. (2016). Scale Development: Theory and Applications. SAGE.
Field, A. (2017). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. SAGE.
Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3, 409–418.
Gravetter, F. J., & Wallnau., L. B. (2017). Statistics for the Behavioral Sciences. Cengage Learning.
Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of Behavioral Research. Wadsworth.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Malhotra, N. K. (2019). Marketing Research: An Applied Orientation. Pearson.
Plekhanov, D., Franke, H., & Netland, T. H. (2023). Digital transformation: A review and research agenda. European Management Journal, 41(6), 821–844.
Ryan, D. (2017). Understanding Digital Marketing. Kogan Page.
Schiavone, F., Mancini, D., Leone, D., & Lavorato, D. (2021). Digital business models and ridesharing for value co-creation in healthcare: A multi-stakeholder ecosystem analysis. Technological Forecasting and Social Change, 166, 120647.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2019). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Wiley & Sons.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.
Triola, M. F. (2018). Elementary Statistics. Pearson.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sarah Putri Amalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.