Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Brand Awareness dan Keputusan Beli pada Customer Katerinda Catering

Authors

  • Sarah Putri Amalia Universitas Ciputra Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v8i2.47431

Keywords:

Pemasaran Digital; Brand Awareness; Keputusan Beli; Media Sosial; Industri Catering

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemasaran digital terhadap brand awareness serta dampaknya terhadap keputusan beli pelanggan Katerinda Catering. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain asosiatif/kausal. Analisis data yang dilakukan yakni uji validitas dan reliabilitas kemudian analisis regresi linear berganda akan digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan, dengan menggunakan alat analisis seperti SPSS. Berdasarkan keseluruhan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari aktivitas pemasaran digital terhadap brand awareness, di mana strategi pemasaran digital yang diterapkan Katerinda Catering terbukti berhasil meningkatkan kesadaran merek di kalangan konsumen. Brand awareness juga terbukti memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan beli konsumen, di mana semakin tinggi kesadaran merek, semakin besar kemungkinan konsumen melakukan pembelian. Pemasaran digital terbukti menjadi alat yang efektif dalam membangun brand awareness dan menciptakan jalur yang efektif menuju keputusan pembelian.

References

Aaker, D. . (1996). Building Strong Brands. Pearson.

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766

Chaffey, D. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Pearson.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital Marketing: Strategy, Implementation, and Practice. Pearson Education.

Cohen, J. (1988). Statistical Power Analysis for the Behavioral Sciences. Lawrence Erlbaum Associates.

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (A. Fawaid (ed.)). Pustaka Pelajar.

DeVellis, R. F. (2016). Scale Development: Theory and Applications. SAGE.

Field, A. (2017). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics. SAGE.

Fitrianna, H., & Aurinawati, D. (2020). Pengaruh Digital Marketing Pada Peningkatan Brand Awareness Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cokelat Monggo di Yogyakarta. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3, 409–418.

Gravetter, F. J., & Wallnau., L. B. (2017). Statistics for the Behavioral Sciences. Cengage Learning.

Kerlinger, F. N., & Lee, H. B. (2000). Foundations of Behavioral Research. Wadsworth.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Malhotra, N. K. (2019). Marketing Research: An Applied Orientation. Pearson.

Plekhanov, D., Franke, H., & Netland, T. H. (2023). Digital transformation: A review and research agenda. European Management Journal, 41(6), 821–844.

Ryan, D. (2017). Understanding Digital Marketing. Kogan Page.

Schiavone, F., Mancini, D., Leone, D., & Lavorato, D. (2021). Digital business models and ridesharing for value co-creation in healthcare: A multi-stakeholder ecosystem analysis. Technological Forecasting and Social Change, 166, 120647.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2019). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach. Wiley & Sons.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif. Alfabeta.

Triola, M. F. (2018). Elementary Statistics. Pearson.

Downloads

Published

2025-03-30

How to Cite

Amalia, S. P. (2025). Pengaruh Pemasaran Digital terhadap Brand Awareness dan Keputusan Beli pada Customer Katerinda Catering. Jurnal Disrupsi Bisnis, 8(2), 136–141. https://doi.org/10.32493/drb.v8i2.47431

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.