Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli pada Zalora di Kota Batam
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i1.47488Keywords:
Online Customer Review; Online Customer Rating; Minat BeliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap minat beli pada e-commerce Zalora di kota Batam. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang responden pengguna toko online Zalora. Teknik pengambilan sampel menggunakan pendekatan purposive sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan program SPSS 25. Hasil pengujian reliabilitas menunjukkan bahwa nilai Cronbach’s Alpha pada variabel online customer review sebesar 0,898, online customer rating 0,896, dan minat beli sebesar 0,907. Hasil uji T pada penelitian ini menujukkan bahwa pada variabel online customer review berpengaruh signifikan terhadap minat beli, sedangkan variabel online customer rating tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat beli. Akan tetapi pada uji F dihasilkan nilai F hitung 260,110> F tabel 3,09 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersamaan antara variabel online customer review dan online customer rating terhadap minat beli.
References
Anggana Widigda, A., Citaningtyas, D., & Kadi, A. (2023). Peran Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Mineral Aqua Di Madiun (Studi Kasus Di Agen Aqua Lia Madiun). SIMBA: Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 5, 0.
APJII. (2023). Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia - Survei. Retrieved from APJII website: https://survei.apjii.or.id/
Mulyono. (2019). Analisis Uji Asumsi Klasik. Retrieved June 12, 2024, from Binus university business school website: https://bbs.binus.ac.id/management/2019/12/analisis-uji-asumsi-klasik/
Navitha Sulthana, A., & Vasantha, S. (2023a). Effect of Online Review Rating on Purchase Intention. Artificial Intelligence for Societal Issues, 127–140.
Navitha Sulthana, A., & Vasantha, S. (2023b). Effect of Online Review Rating on Purchase Intention. In Intelligent Systems Reference Library (Vol. 231, pp. 127–140). Springer Science and Business Media Deutschland GmbH. https://doi.org/10.1007/978-3-031-12419-8_7
Priangga, I., & Munawar, F. (2021). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Lazada (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Bandung). Jurnal Bisnis, Manajemen & Ekonomi, 19(2), 399–413.
Putry, W. E., Afandi, Y., Pemasaran, M., & Malang, P. N. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening (Study Pada Konsumen Scarlett Whitening). Jurnal Aplikasi Bisnis, 8(2), 187–192.
Rahmawati, A. I. (2021). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Pgri Semarang). Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Ekonomi Kreatif, 1(1), 18–23.
Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019b). Metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.
Yudita, M. A., & Sugiyono, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 10(10).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rosi Febrianti, Nur Elfi Husda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.