Pengaruh Content Marketing, Celebrity Endorser dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Serum Hanasui pada Aplikasi TikTok
DOI:
https://doi.org/10.32493/drb.v8i5.54154Keywords:
Content Marketing; Celebrity Endorser; Harga Produk; Keputusan PembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing, celebrity endorser, dan harga produk terhadap keputusan pembelian serum Hanasui di aplikasi TikTok. Rumusan masalah penelitian berfokus pada seberapa besar ketiga variabel tersebut memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling pada 100 responden yang pernah membeli serum Hanasui, serta analisis data dilakukan dengan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing, celebrity endorser, dan harga berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa konten kreatif, keterlibatan figur publik, serta harga yang kompetitif menjadi faktor utama dalam mendorong minat beli konsumen. Simpulan penelitian menyatakan bahwa kombinasi strategi pemasaran digital yang tepat mampu memperkuat citra merek, meningkatkan kepercayaan, dan mendorong loyalitas konsumen di tengah persaingan ketat industri kecantikan. Adanya penelitian ini untuk memperluas literatur tentang social commerce pada konteks merek lokal di era digitalisasi
References
Agatha, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 27–35.
Alifia Wulandhari, D., Indayani, L., Adji Kusuma, K., & Muhammadiyah Sidoarjo, U. (2024). The Role Of Celebrity Endorsers, Online Customer Review, And Price Towards Purchasing Decisions On Marketplace Shopee Peran Celebrity Endorser, Online Customer Review, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 1326–1337.
Andy, A., & Putra, P. (2024). Interests Of Indomaret Porong Branch Peran Pengalaman Pelanggan , Citra Merek Dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Indomaret Cabang Porong. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4082–4107.
Antara, H., Siswanto, S., & Damarsiwi, E. P. M. (2020). the Effect of Customer Experience and Brand Trust on Customer Loyalty on Allbaik Chicken. BIMA Journal (Business, Management, & Accounting Journal), 1(2), 115–125. https://doi.org/10.37638/bima.1.2.115-125
Arianty, N., & Andira, A. (2021). The Effect of Brand Image and Brand Awareness on Purchasing Decisions (Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Sumatera Utara, 4(1), 897.
Budaya, P., Produk Terhadap Minat Beli Hanasui Di Toko Evi Kosmetik Marbau Larassati, K., Eko Broto, B., Hanum, F., & Labuhanbatu, U. (2023). The Influence Of Culture, Price, Product Quality On Interest To Buy Hanasui At Evi Cosmetic Shop Marbau. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 4257–4265.
Darmansyah, Salim, M., & Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap KeputusanPembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 230–238.
Dwi Firmansyah, Y., Dwikotjo Sri Sumantyo, F., & Ali, H. (2023). Pengaruh Harga, Promosi dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Tekno Sport di Bumi Sani Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Terapan, 1(1), 16–30. https://doi.org/10.38035/jpmpt.v1i1.80
Ekonomi, F., Semarang, U., & Ulfah, M. N. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Di Sentra Land Mall Dengan Social Media Sebagai. ISSN: [Insert ISSN, 5(1).
Fachmy, R. N., & Rasmini, M. (2023). Pengaruh Content Marketing Pada Instagram Pegipegi Terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7552–7560.
Gulo, T., Suryati, L., & Ginting, R. S. I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fa. Banang Jaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 545–558. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1508
Hanasui, P. (2024). Pengaruh e-wom dan harga terhadap keputusan pembelian produk hanasui 1. 16(2), 28–37.
Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, N. H. A. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).
Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.
Khoirotunnisaa, N., & Vania, A. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN ONLINE COSTUMER REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISIONS (Studi Pada Konsumen Cushion Instaperfect Pada Aplikasi Shopee di Kota Malang). Neraca Manajemen Ekonomi, 10(2).
Majid, A., & Nur Faizah, E. (2024). Pengaruh Influencer Marketing Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sarung Bhs Melalui Aplikasi Tiktok. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 40(2), 105–116. https://doi.org/10.58906/melati.v40i2.131
Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326
Mayroza Wiska, Fenisi Resty, & Hidayatul Fitriani, H. F. (2022). Analisis Content Marketing Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom ) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya). Manajemen Dewantara, 6(2), 153–162. https://doi.org/10.26460/md.v6i2.12524
Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665
Nikmah, N., & Zaidah, N. (2022). Pentingnya Social Proof Dalam Digital Marketing. Jurnal DIALOGIKA : Manajemen Dan Administrasi, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.31949/dialogika.v4i1.7823
Nurfatiha, I., Nurafalakh, Z., Khairunnisa, A., Rabbani, M., & Arrafi, R. (2025). Dampak Ekspor Impor Produk Skincare Terhadap Keberlanjutan Produk Lokal: Studi Kasus Skintific dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pemerintah. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 15. https://doi.org/10.53697/emak.v6i2.2391
Pransiska, L. A., Sumartik, S., & Sari, H. M. K. (2024). Peran Kualitas Produk, Online Customer Review, Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Pada Tiktokshop. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(2), 3619–3627. https://doi.org/10.31539/costing.v7i2.9055
Pratiwi, S., & Rahmidani, R. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vaseline Hand & Body Lotion. Jurnal Ecogen, 6(1), 119. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i1.14476
Rahmadi, S.Ag., M. P. . (2011). Pengantar Metodologi Penelitiaan. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8).
Ramadhani, I., & Nadya, P. S. (n.d.). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup. 1177.
Romadhon, F. A., & Nawawi, Z. M. (2024). Economic Reviews Journal. Economic Reviews Journal, 3(1), 96–108. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i4.553
Sabar, M., & Moniharapon, S. (2022). Pengaruh Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Ms Glow Di Kota Manado the Influence of Social Media, Celebrity Endorser, and Product Quality on Consumer Purchase Interest of Ms Glow Products in Manado Ci. Poluan 422 Jurnal EMBA, 10(4), 422–433.
Sadli, I., & Sumiati, S. (2023). Pengaruh Kelompok Referensi, Brand Image, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 2(3), 599–611. https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.02.3.04
Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta (Issue January).
Umami, R., Rizal, A., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 250. https://doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.630
Utami, P., Diah Delima, I., Irianti, E., Studi, P., & Komunikasi, I. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Peningkatan Brand Awareness Pada Produk Hanasui. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(7), 883–892.
Valentina, A., Rizal, M., & Hardiningtyas, R. T. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Media Sosial Tiktok. E-Journal Riset Manajemen, 12(2), 590–601.
Windasari, S., Untari, D. T., & Komariah, N. S. (2023). Analisis Media Sosial Dalam Menentukan Posisi Produk Skin Care Menggunakan Model Online Share of Voice (Osov). Jurnal Economina, 2(9), 2502–2517. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.829
Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38
Zulkifli, M., & Sumartik, S. (2023). Increasing Brand Image, Sales Promotion and Quality Product on Customer Buying Interest at PT. Berkah Sukses Persada. 1–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mohammad Arief Rachman, Sumartik Sumartik, Mas Oetarjo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






.png)
