Pengaruh Content Marketing, Celebrity Endorser dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Serum Hanasui pada Aplikasi TikTok

Authors

  • Mohammad Arief Rachman Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Sumartik Sumartik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Mas Oetarjo Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.32493/drb.v8i5.54154

Keywords:

Content Marketing; Celebrity Endorser; Harga Produk; Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh content marketing, celebrity endorser, dan harga produk terhadap keputusan pembelian serum Hanasui di aplikasi TikTok. Rumusan masalah penelitian berfokus pada seberapa besar ketiga variabel tersebut memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik purposive sampling pada 100 responden yang pernah membeli serum Hanasui, serta analisis data dilakukan dengan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa content marketing, celebrity endorser, dan harga berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Temuan ini menegaskan bahwa konten kreatif, keterlibatan figur publik, serta harga yang kompetitif menjadi faktor utama dalam mendorong minat beli konsumen. Simpulan penelitian menyatakan bahwa kombinasi strategi pemasaran digital yang tepat mampu memperkuat citra merek, meningkatkan kepercayaan, dan mendorong loyalitas konsumen di tengah persaingan ketat industri kecantikan. Adanya penelitian ini untuk memperluas literatur tentang social commerce pada konteks merek lokal di era digitalisasi

References

Agatha, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Batik Barong Gung Tulungagung. Journal of Chemical Information and Modeling, 3(2), 27–35.

Alifia Wulandhari, D., Indayani, L., Adji Kusuma, K., & Muhammadiyah Sidoarjo, U. (2024). The Role Of Celebrity Endorsers, Online Customer Review, And Price Towards Purchasing Decisions On Marketplace Shopee Peran Celebrity Endorser, Online Customer Review, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 1326–1337.

Andy, A., & Putra, P. (2024). Interests Of Indomaret Porong Branch Peran Pengalaman Pelanggan , Citra Merek Dan Trust Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Indomaret Cabang Porong. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 4082–4107.

Antara, H., Siswanto, S., & Damarsiwi, E. P. M. (2020). the Effect of Customer Experience and Brand Trust on Customer Loyalty on Allbaik Chicken. BIMA Journal (Business, Management, & Accounting Journal), 1(2), 115–125. https://doi.org/10.37638/bima.1.2.115-125

Arianty, N., & Andira, A. (2021). The Effect of Brand Image and Brand Awareness on Purchasing Decisions (Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Medan Sumatera Utara, 4(1), 897.

Budaya, P., Produk Terhadap Minat Beli Hanasui Di Toko Evi Kosmetik Marbau Larassati, K., Eko Broto, B., Hanum, F., & Labuhanbatu, U. (2023). The Influence Of Culture, Price, Product Quality On Interest To Buy Hanasui At Evi Cosmetic Shop Marbau. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(4), 4257–4265.

Darmansyah, Salim, M., & Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap KeputusanPembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online). Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 230–238.

Dwi Firmansyah, Y., Dwikotjo Sri Sumantyo, F., & Ali, H. (2023). Pengaruh Harga, Promosi dan Tempat terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Tekno Sport di Bumi Sani Kabupaten Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penelitian Terapan, 1(1), 16–30. https://doi.org/10.38035/jpmpt.v1i1.80

Ekonomi, F., Semarang, U., & Ulfah, M. N. (2023). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Customer Engagement Di Sentra Land Mall Dengan Social Media Sebagai. ISSN: [Insert ISSN, 5(1).

Fachmy, R. N., & Rasmini, M. (2023). Pengaruh Content Marketing Pada Instagram Pegipegi Terhadap Keputusan Pembelian. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(5), 7552–7560.

Gulo, T., Suryati, L., & Ginting, R. S. I. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Fa. Banang Jaya. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(3), 545–558. https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i3.1508

Hanasui, P. (2024). Pengaruh e-wom dan harga terhadap keputusan pembelian produk hanasui 1. 16(2), 28–37.

Hardani, Helmina Andriani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Ria Rahmatul Istiqomah, Roushandy Asri Fardani, Dhika Juliana Sukmana, N. H. A. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1).

Inggasari, S. M., & Hartati, R. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening. Cakrawangsa Bisnis, 3(1), 1–22.

Khoirotunnisaa, N., & Vania, A. (2024). PENGARUH CONTENT MARKETING DAN ONLINE COSTUMER REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISIONS (Studi Pada Konsumen Cushion Instaperfect Pada Aplikasi Shopee di Kota Malang). Neraca Manajemen Ekonomi, 10(2).

Majid, A., & Nur Faizah, E. (2024). Pengaruh Influencer Marketing Dan Content Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sarung Bhs Melalui Aplikasi Tiktok. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 40(2), 105–116. https://doi.org/10.58906/melati.v40i2.131

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Y.O.U Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476–490. https://doi.org/10.55681/economina.v2i2.326

Mayroza Wiska, Fenisi Resty, & Hidayatul Fitriani, H. F. (2022). Analisis Content Marketing Dan Electronic Word of Mouth (E-Wom ) Terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Media Sosial Tik-Tok (Studi Kasus Generasi Z Kabupaten Dharmasraya). Manajemen Dewantara, 6(2), 153–162. https://doi.org/10.26460/md.v6i2.12524

Mulyana, S. (2021). Pengaruh Harga Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Pada Shopee Di Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 7(2), 185–195. https://doi.org/10.35446/dayasaing.v7i2.665

Nikmah, N., & Zaidah, N. (2022). Pentingnya Social Proof Dalam Digital Marketing. Jurnal DIALOGIKA : Manajemen Dan Administrasi, 4(1), 26–32. https://doi.org/10.31949/dialogika.v4i1.7823

Nurfatiha, I., Nurafalakh, Z., Khairunnisa, A., Rabbani, M., & Arrafi, R. (2025). Dampak Ekspor Impor Produk Skincare Terhadap Keberlanjutan Produk Lokal: Studi Kasus Skintific dan Implikasinya Terhadap Kebijakan Pemerintah. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 15. https://doi.org/10.53697/emak.v6i2.2391

Pransiska, L. A., Sumartik, S., & Sari, H. M. K. (2024). Peran Kualitas Produk, Online Customer Review, Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Pada Tiktokshop. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(2), 3619–3627. https://doi.org/10.31539/costing.v7i2.9055

Pratiwi, S., & Rahmidani, R. (2023). Pengaruh Content Marketing dan Electronic Word of Mouth Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vaseline Hand & Body Lotion. Jurnal Ecogen, 6(1), 119. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i1.14476

Rahmadi, S.Ag., M. P. . (2011). Pengantar Metodologi Penelitiaan. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8).

Ramadhani, I., & Nadya, P. S. (n.d.). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup. 1177.

Romadhon, F. A., & Nawawi, Z. M. (2024). Economic Reviews Journal. Economic Reviews Journal, 3(1), 96–108. https://doi.org/10.56709/mrj.v3i4.553

Sabar, M., & Moniharapon, S. (2022). Pengaruh Media Sosial, Celebrity Endorser, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Ms Glow Di Kota Manado the Influence of Social Media, Celebrity Endorser, and Product Quality on Consumer Purchase Interest of Ms Glow Products in Manado Ci. Poluan 422 Jurnal EMBA, 10(4), 422–433.

Sadli, I., & Sumiati, S. (2023). Pengaruh Kelompok Referensi, Brand Image, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 2(3), 599–611. https://doi.org/10.21776/jmppk.2022.02.3.04

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. In Penerbit Alfabeta (Issue January).

Umami, R., Rizal, A., & Sumartik, S. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Warsu Coffe Cafe. Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi, 15(2), 250. https://doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.630

Utami, P., Diah Delima, I., Irianti, E., Studi, P., & Komunikasi, I. (2024). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Peningkatan Brand Awareness Pada Produk Hanasui. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(7), 883–892.

Valentina, A., Rizal, M., & Hardiningtyas, R. T. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Media Sosial Tiktok. E-Journal Riset Manajemen, 12(2), 590–601.

Windasari, S., Untari, D. T., & Komariah, N. S. (2023). Analisis Media Sosial Dalam Menentukan Posisi Produk Skin Care Menggunakan Model Online Share of Voice (Osov). Jurnal Economina, 2(9), 2502–2517. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.829

Yunita, D., Widad, A., Diah, Y. M., & Farla, W. (2021). Pembuatan Content Marketing sebagai Strategi Menumbuhkan Brand Awareness bagi Pelaku Usaha di Era Pandemi Covid-19. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 2(2), 89–96. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i2.38

Zulkifli, M., & Sumartik, S. (2023). Increasing Brand Image, Sales Promotion and Quality Product on Customer Buying Interest at PT. Berkah Sukses Persada. 1–13.

Downloads

Published

2025-10-30

How to Cite

Rachman, M. A., Sumartik, S., & Oetarjo, M. (2025). Pengaruh Content Marketing, Celebrity Endorser dan Harga Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Serum Hanasui pada Aplikasi TikTok . Jurnal Disrupsi Bisnis, 8(5), 584–596. https://doi.org/10.32493/drb.v8i5.54154

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.